Breaking News:

Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Masjid Raya JIC Gelar Salat Id dengan Prokes Ketat Diikuti 10.000 Orang

Masjid Raya Jakarta Islamic Centre berencana menyelenggarakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah pada Kamis (13/5/2021) dengan menerapkan protokol ketat.

Jakarta Islamic Center (JIC)
Kamis (13/5/2021) besok Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) di Koja, Jakarta Utara akan melaksanakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah dengan pembatasan kapasitas sebesar 50 persen. Foto dok: Masjid Raya Jakarta Islamic Center Koja. 

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA -- Umat muslim di Indonesia tahun ini bisa bernafas lega, karena Pemerintah tidak melarang pelaksanaan salat Id di masjid maupun di lapangan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum hilang dari bumi nusantara.

Meski tidak melarang, berbagai aturan dan persyarakat tetap wajib diikuti untuk mencegah penularan Covid-19.

Contohnya Masjid Istiqlal Jakarta, meski pemerintah tidak melarang, Masjid terbesar di Asia Tenggara itu tahun ini meniadakan salat Id, sama seperti tahun 2020 lalu.

Video: Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Kulit Ketupat Mulai Banjiri Pasar

Sementara itu Masjid Raya Jakarta Islamic Centre (JIC) berencana menyelenggarakan Salat Idul Fitri 1442 Hijriah pada Kamis (13/5/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua Panitia Salat Idul Fitri Masjid Raya JIC Aep Saifullah mengatakan, pelaksanaan salat akan mengikuti anjuran pemerintah di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro, yakni pembatasan jamaah sebanyak 50 persen atau separuh dari kapasitas normal.

"Kalau di era biasa kapasitas Masjid Raya Jakarta Islamic Centre di ruang ibadah utama, selasar dan koridor serta halaman masjid bisa menampung sebanyak 20.000 orang. Untuk nanti akan kami isi hanya separuhnya saja (10.000 orang)," kata Aep di Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Anies Minta Pengelola Masjid Raya di Ibu Kota Dapat Tiru Masjid Istiqlal Soal Peniadaan Salat Ied

Baca juga: Masjid Raya JIC Gelar Salat Ied Tahun Ini, Namun Ada Syaratnya, Simak Selengkapnya

Aep menambahkan, untuk masyarakat Jakarta Utara yang ingin melaksanakan Shalat Idul Fitri di JIC agar membawa sajadah sendiri dari rumah dan jangan sampai lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan.

Sekretaris Masjid JIC Ahmad Juhandi mengatakan, pelarangan Salat Id di masjid hanya di zona merah, sesuai Surat Edaran Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan PPKM Mikro.

Untuk itu, pihak masjid kemudian mengecek dulu kategori zonasi wilayah sekitar JIC di Puskesmas Kecamatan Koja.

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved