Breaking News:

Hari Raya Idul Fitri

Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Masjid Raya Hasyim Asy'ari Jakarta Barat Gelar Salat Id Pukul 07.00 WIB

Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat menggelar Salat Idul Fitri 1442 Hijriah atau Salat Id pada Kamis (13/5) pukul 07.00 WIB.

Warta Kota/Desy Selviany
Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Cengkareng menggelar Salat Idul Fitri 1442 Hijriah atau Salat Id pada Kamis (13/5/2021) pukul 07.00 WIB. Foto dok: Tampak depan Masjid Raya KH Hasyim Asyari, Cengkareng, Jakarta Barat, saat digelar salat Jumat kembali, Jumat (5/6/2020). 

WARTAKOTALIVE.COM, CENGKARENG -- Di tengah pandemi Covid-19 yang belum berakhir di negeri kita, Masjid Raya Hasyim Asy'ari Cengkareng, Jakarta Barat akan menggelar Salat Id.

Bahkan jadwalnya sudah beredar bahwa Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari, Cengkareng menggelar Salat Idul Fitri 1442 Hijriah atau Salat Id pada Kamis (13/5/2021) pukul 07.00 WIB.

"Jam 07.00 WIB mulai shalat, tapi persiapan dari jam 06.00 sampai 06.30 WIB sudah kami mulai (persiapan)" kata Kepala Sekretariat Masjid Raya KH Hasyim Asy'ari Suprapto saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Selasa (11/5) malam.

Video: Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Kulit Ketupat Mulai Banjiri Pasar

Suprapto mengatakan pelaksanaan Shalat Id di Masjid Raya Hasyim Asy'ari akan menerapkan pembatasan jamaah sebesar 50 persen dari daya tampung masjid.

Namun, untuk mengantisipasi antusiasme warga melaksanakan Shalat Id, pengurus masjid berencana mengoperasikan area selasar di kanan dan kiri ruang shalat utama.

Selain itu, area lantai satu di bawah ruang shalat utama agar kapasitas masjid bisa bertambah.

Baca juga: Hasil Survei Kemenag RI Sebanyak 94,18 Persen Responden Akan Salat Id di Masjid atau Lapangan

Baca juga: Soal Salat Id di DKI, Anies Koordinasi dengan Kapolda Fadil Imran dan Pangdam Jaya Dudung, Hasilnya?

"Karena Shalat Idul Fitri itu kan sekali setahun, ya kan? Kemudian tahun lalu juga enggak ada (Shalat Id) di Masjid (Raya Hasyim Asy'ari) ini. Mungkin antusias jamaah akan banyak nih. Kami mengantisipasinya dengan protokol kesehatan dan akan kami tambah (kapasitas ruang shalat)," kata Suprapto.

Ia menjelaskan bahwa penambahan kapasitas ruang shalat akan diikuti dengan pemberian marka atau tanda saf yang berjarak satu sama lain kurang lebih 1,5 meter.

Dengan jarak saf jamaah diatur demikian, Suprapto berharap kapasitas daya tampung Masjid Raya Hasyim Asy'ari untuk Shalat Id nantinya hanya berisi 2.500 orang.

Halaman
12
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved