Lebaran 2021

Banyak Calon Penumpang Kereta Bawa Surat Keterangan Kerja Demi Bisa Mudik, Mengaku Mau Dinas Kerja

Calon penumpang wajib membawa persyaratan keberangkatan lagi khususnya mereka yang ingin melakukan perjalanan dinas luar kota (DLK).

Editor: Feryanto Hadi
istimewa
Ilustrasi penumpang Kereta Api 

WARTAKOTALIVE.COM,  JAKARTA -  PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus mengimbau agar para calon penumpang yang hendak melakukan perjalanan nonmudik agar melengkapi persyaratan sesuai aturan.

Hal ini dilakukan karena masih banyak ditemukan calon penumpang yang membawa persyaratan berupa Surat Keterangan Kerja.

Tentu persyaratan itu tak sesuai dengan aturan yang mewajibkan calon penumpang membawa surat keterangan tugas atau dinas secara rinci dan sahih.

Kepala Humas PT KAI Daop I Eva Chairunisa mengatakan, calon penumpang wajib membawa persyaratan keberangkatan lagi khususnya mereka yang ingin melakukan perjalanan dinas luar kota (DLK).

Baca juga: Perjuangan Arifin demi Berlebaran bareng Keluarga di Tegal, 5 Kali Diputarbalik di Pos Penyekatan

Baca juga: Kasus Covid-19 di Timor Leste Meningkat, Krisdayanti Pilu Tak Bisa Berlebaran bersama Raul Lemos

Surat perjalanan dinas ini harus dibuat sejelas-jelasnya dan rinci serta harus dibubuhi tanda tangan dari unit yang memberikan penugasan.

“Perlu ditegaskan lagi, calon penumpang yang akan berangkat untuk dinas harus menyertakan surat sesuai aturan. Surat yang dibutuhkan adalah surat jalan yang menjelaskan akan dinas ke mana, untuk kepentingan apa dan tanggal berapa serta dari unit atau divisi apa yang menugaskan,” kata Eva saat dihubungi Tribun Network, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Israel Bombardir Palestina, Andi Arief Sindir Lemahnya Peran Pemerintah RI di Dunia Internasional

Baca juga: Diadang Petugas, Pemudik Motor Bawa Anak Nekat Lawan Arus di Jalan Kalimalang

KAI masih menemukan banyaknya calon penumpang yang hanya menyertakan surat keterangan kerja, bukan surat penugasan dinas dari instansi terkait.

Tentu saja hal ini bertentangan dengan aturan yang mengharuskan keterangan tempat tujuan dinas dan sampai kapan perjalanan dilakukan.

Tak hanya itu, surat tugas wajib dilengkapi juga dengan tanda tangan cap basah dan bukan fotocopy atau hasil scan atasan langsung.

“Masyarakat perlu memperhatikan bahwa yang dibutuhkan adalah cap stempel dari kelurahan. Kemudian dilihat dari bukti pendukung lainnya misalnya tujuan penugasan atau dinas, keterangan orang tua sakit dan lain-lain bisa diberikan juga surat sakitnya surat kematiannya minimal melalui softcopy seperti itu juga bisa,” jelasnya.

Baca juga: AHOK Trending, Sebagian Ahokers Kaitkan Kematian Ustaz Tengku Zul dengan Sumpah Ahok di Pengadilan

Baca juga: Israel Bombardir Palestina, Andi Arief Sindir Lemahnya Peran Pemerintah RI di Dunia Internasional

KAI menegaskan tak akan mentolerir  calon penumpang yang tak bisa memenuhi persyaratan tersebut dan tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan.

Sedangkan tiket yang sudah terlanjur dibeli akan direfund atau dikembalikan penuh tanpa potongan apapun.

“Kemudian ketika sudah membeli tiket kemudian persyaratannya tidak bisa memenuhi untuk membuktikan bahwa yang bersangkutan ini melakukan perjalanan karena memang alasan tertentu maka jika secara persyaratan tidak dapat memenuhi tiketnya akan dibatalkan dengan proses normal,” jelasnya.

Eva menambahkan, KAI menyiapkan tujuh Kereta Api yang diberangkatkan dari Stasiun Senen dan Gambir untuk perjalanan nonmudik.

Baca juga: Diadang Petugas, Pemudik Motor Bawa Anak Nekat Lawan Arus di Jalan Kalimalang

Baca juga: Pusat Perbelanjaan dan Lokasi Wisata di Tangsel Diperbolehkan Beroperasi Pada Musim Libur Lebaran

Kereta tersebut dipastikan hanya melayani penumpang yang melengkapi persyaratan perjalanan nonmudik sesuai aturan SE Satgas Covid-19 No.13 Tahun 2021.

“Perlu diingat, calon penumpang yang hendak berangkat hingga 17 Mei adalah mereka yang memiliki persyaratan lengkap dan sesuai aturan Satgas. Mereka yang tak bisa menunjukkan atau membawa surat tak sesuai persyaratan perjalanan nonmudik tidak akan diberangkatkan dan uang tiketnya akan dikembalikan penuh,” imbuhnya. (Fandi Permana)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved