Lebaran 2021

Tak Miliki Surat Izin Perjalanan, Sejumlah Kendaraan Diminta Putar Balik di Simpang Gadog

Sejumlah pengendara dari luar wilayah Bogor ini, didapati tidak memiliki surat izin perjalanan yang ditetapkan pemerintah

Editor: Feryanto Hadi
Hari Darmawan
Suasana pemeriksaan surat izin perjalanan di SImpang Gadog, Bogor, Selasa (11/5/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Sejumlah pengendara yang tidak memiliki surat izin perjalanan, diminta putar balik ke wilayah asal oleh petugas di titik penyekatan Simpang Gadog, Bogor.

Sejumlah pengendara dari luar wilayah Bogor ini, didapati tidak memiliki surat izin perjalanan yang ditetapkan pemerintah sehingga diminta putar balik.

Dari pantauan Tribun Network di titik penyekatan Simpang Gadog, Bogor pada Selasa (11/5/2021), sejumlah kendaraan yang didominasi pelat B ini banyak yang tidak memiliki surat perjalanan.

Baca juga: Debt Collector Tarik Paksa Kendaraan, OJK Akan Sanksi Keras Perusahaan

Baca juga: Kakorlantas: Penyekatan Mudik Efektif, Kondisi Lalu Lintas Arah Jawa Tengah Sepi

Akhirnya pengendara pun diminta untuk memutar balik oleh petugas ke wilayah asalnya. Selain itu, ada pula kendaraan berpelat D dan juga A yang terkena penyekatan.

Menurut petugas Dinas Perhubungan di lapangan, setidaknya sudah ada 10 mobil yang diminta untuk putar balik karena tidak memiliki surat izin perjalanan.

"Kendaraan ini dari luar wilayah seperti Jakarta, Bandung ada juga dari Tangerang," ucapnya saat ditemui di Simpang Gadog, Bogor, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Bikin Asik Pegawainya yang Tak Bisa Mudik, Sandiaga Uno Hadiahkan Pakaian Adat Khas Sumatera Barat

Selain itu, tidak hanya kendaraan penumpang saja yang dihentikan untuk dilakukan pemeriksaaan surat perjalanan. Sejumlah kendaraan angkutan barang pun tidak luput dari pemeriksaan.

"Kita cek juga angkutan barang, apalagi yang tertutup dan pelat nomor dari luar wilayah untuk antisipasi membawa penumpang di dalamnya," ujar petugas Dinas Perhubungan tersebut.

Sebagai informasi, pemerintah menerbitkan larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021 untuk masyarakat. Larangan mudik ini juga berlaku untuk wilayah aglomerasi seperti Jabodetabek.

Baca juga: Bupati Bekasi Sesalkan Banyak Warga Mudik dan Terobos Barikade Polisi di Perbatasan Bekasi-Karawang

Namun, ada pengecualian bagi masyarakat tertentu yang diharuskan melakukan perjalanan saat periode larangan mudik dengan menyertakan surat izin perjalanan dari atasan bagi pegawai atau Kepala Desa atau Lurah bagi masyarakat umum serta surat bebas Covid-19 yang masih berlaku.

Kondisi lalin arah Jateng mulai sepi

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono terus memantau pelaksanaan Operasi Ketupat 2021 di tengah kebijakan peniadaan mudik lebaran.

Kali ini, Kakorlantas mengecek jalur tol maupun arteri dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah

Kakorlantas mengatakan kondisi lalu lintas saat ini dari Arah Jakarta menuju arah Jawa terpantau landai dan sepi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved