Breaking News:

Pasar Tanah Abang Ditutup Untuk Keperluan Sterilisasi Selain Pedagangnya Hendak Merayakan Lebaran

Pasar Tanah Abang ditutup juga untuk keperluan sterilisasi selain pedagangnya hendak merayakan lebaran.

WARTA KOTA/DESY SELVIANY
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Pusat perbelanjaan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat bakal ditutup mulai Rabu (12/5/2021) sampai Selasa (18/5/2021). Alasannya, pedagang pasar juga hendak merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H bersama keluarganya di rumah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan, penutupan Pasar Tanah Abang jelang momen lebaran merupakan hal yang biasa. Setelah sepekan merayakan Idul Fitri, mereka akan kembali melayani konsumen.

“Pedagangnya lebaran juga, memang normalnya Pasar Tanah Abang kalau sudah Ramadan hari terakhir beroperasi di jam tertentu. Kemudian pulang semuanya mau lebaran,” kata Anies di Balai Kota DKI pada Selasa (11/5/2021).

Senada diungkapkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza). Politikus Partai Gerindra ini menyebut, Pasar Tanah Abang ditutup juga untuk keperluan sterilisasi selain pedagangnya hendak merayakan lebaran. Setelah itu, pasar akan kembali melayani masyarakat dalam keadaan bersih.

“Ya kan Tanah Abang sudah secara rutin ada waktu ditutup. Saya kira itu sudah biasa ditutup semua orang kembali ke wilayahnya masing-masing, Pasar Tanah Abang ditutup dibersihkan dan lain sebagainya,” kata Ariza.

Kata dia, daya beli masyarakat Jakarta dan sekitarnya cukup tinggi saat pandemi Covid-19 ini. Hal itu terlihat dari antusiasme pengunjung Pasar Tanah Abang pada Sabtu (30/4/2021) dan Minggu (1/5/2021) lalu yang mencapai 100.000 orang per hari.

“Daya beli masyarakat cukup baik di pasar-pasar jadi di DKI Jakarta ekonominya cukup baik. Alhamdulillah secara perlahan ada peningkatan,” ungkap Ariza.

Baca juga: VIDEO Macet Parah Imbas Penyekatan Larangan Mudik, Pekerja Kawasan Industri Terpaksa Jalan Kaki

Baca juga: Debt Collector Tarik Paksa Kendaraan, OJK Akan Sanksi Keras Perusahaan

Dalam kesempatan itu Ariza meminta masyarakat untuk tetap menerapkan prokes pencegahan Covid-19. Harapannya, perekonomian tetap menggeliat namun penularan Covid-19 di masyarakat tidak meningkat

Sementara itu, Manager Umum dan Humas Perumda Pasar Jaya Gatra Vaganza mengatakan, penutupan blok di Pasar Tanah Abang dilakukan secara bertahap. Untuk Blok A dan B sudah ditutup mulai hari Selasa (11/5/2021) ini, sedangkan Blok F akan ditutup pada Rabu (12/5/2021) siang. “Untuk Blok G juga sama (ditutup Rabu, 12/5/2021),” ujar Gatra.

Menurutnya, penutupan Pasar Tanah Abang jelang lebaran bukanlah hal yang baru. Setiap tahun, pasar itu ditutup karena pedagang juga ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Meski demikian, Gatra tak mengetahui operasional untuk Pasar Metro Tanah Abang yang dikelola pihak swasta. Sementara untuk pasar tradisional lainnya, penutupan pasar tidak berlaku, sehingga mereka tetap beroperasi seperti biasa dan bahkan H+1 lebaran sudah kembali beroperasi.

“Biasanya yang tradisional untuk pangan dan kalau untuk pasar tradisional lainnya memang tidak ada (pengaturan penutupan). Sebenarnya begini kalau di Tanah Abang itu ada kesepakatan secara menyeluruh (dengan pedagang),” ungkapnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved