Breaking News:

Berita Internasional

20 Warga Palestina Tewas Termasuk Anak-anak, PM Israel Ancam Tembakan Lagi Roket

Dua puluh orang termasuk sembilan anak telah tewas di Jalur Gaza di tengah bentrokan dengan Israel

AFP
Sekitar 20 orang Palestina tewas setelah hari kekerasan di Yerusalem. Foto: seorang pria di rumah sakit di Jalur Gaza utara 

WARTAKOTALIVE.COM -- Dua puluh orang termasuk sembilan anak telah tewas di Jalur Gaza di tengah bentrokan dengan Israel, menurut pejabat kesehatan Palestina.

Korban tewas menjadikannya salah satu hari pertempuran paling berdarah dalam beberapa tahun.

Itu terjadi setelah gerilyawan Hamas menembakkan puluhan roket ke Israel, termasuk serangan yang memicu sirene serangan udara sampai ke Yerusalem.

Kementerian Kesehatan tidak merinci penyebab kematian, tetapi setidaknya tujuh anggota satu keluarga, termasuk tiga anak, tewas dalam ledakan di Gaza utara.

Militer Israel mengatakan pihaknya menyerang sejumlah sasaran Hamas sebagai tanggapan atas tembakan roket yang terus-menerus keluar dari Gaza, mengklaim delapan militan diserang.

Baca juga: Presiden Jokowi Kecam Aksi Pengusiran dan Kekerasan Israel Terhadap Warga Palestina

Baca juga: Al Aqsa Kembali Diserang, Bom Gas Air Mata Penuhi Ruangan Masjid, 200 Warga Palestina Luka

Rentetan itu dimulai setelah ratusan warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan polisi Israel di sebuah situs keagamaan di Yerusalem.

Serangan sore hari di kota suci yang disengketakan itu meningkatkan ketegangan yang sudah meningkat di seluruh wilayah setelah berminggu-minggu konfrontasi antara polisi Israel dan pengunjuk rasa Palestina yang mengancam akan menjadi konflik yang lebih luas.

Puluhan roket ditembakan

Perdana Menteri - PM Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan operasi terbuka terhadap penguasa militan Hamas Gaza, menuduh mereka melewati "garis merah" dengan tembakan roket terbaru, dan menjanjikan tanggapan yang keras.

"Siapapun yang menyerang kami akan membayar mahal," katanya, memperingatkan bahwa pertempuran bisa "berlanjut untuk sementara waktu".

Militer Israel mengatakan lebih dari 50 roket ditembakkan ke Israel sepanjang malam, sebagian besar ditujukan ke kota-kota Israel selatan di dekat perbatasan.

Baca juga: Israel Serang Kompleks Masjid Al Aqsa Palestina, Adara Relief Internasional Minta Umat Islam Bersatu

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved