Breaking News:

Berita Depok

Saat Lebaran DLHK Kota Depok Siagakan 240 Pesapon dan 25 Armada Kebersihan, UPS Juga Diaktifkan

Saat Lebaran DLHK Kota Depok siagakan 240 pesapon dan 25 armada kebersihan, UPS juga diaktifkan

Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Saat Lebaran DLHK Kota Depok Siagakan 240 Pesapon dan 25 Armada Kebersihan, UPS Juga Diaktifkan 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Saat Lebaran DLHK Kota Depok siagakan 240 pesapon dan 25 armada kebersihan. UPS juga diaktifkan.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok mensiagakan para petugas dan aramadanya sebagai langkah antisipasi tingginya volume sampah saat lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Petugas kebersihan atau pesapon ini nantinya akan bertugas secara bergantian demi lancarnya penanganan sampah disaat libur Hari Raya.

Kepala Bidang Kebersihan DLHK Kota Depok, Iyay Gumilar, mengatakan, saat Idul Fitri pihaknya akan menjalankan sistem shift atau jam kerja bergantian.

Baca juga: Direktur RSUD Kota Depok Sebut UGD Tetap Buka selama Libur Lebaran

Tujuannya agar para petugas juga dapat menjalankan hari besar keagamaan Umat Islam itu di tengah tanggung jawabnya dalam melayani warga Kota Depok.

“Kami mensiagakan sedikitnya 240 pesapon dan 25 armada truk saat libur lebaran. Untuk hari H dan H+1 petugas kami tetap ada yang piket secara bergantian,” kata Iyay saat dikonfirmasi wartawan, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Dinkes Kota Depok Perintahkan Puskesmas Buka 24 Jam dan Siapkan Tim Gawat Darurat Saat Libur Lebaran

Selama ini, Iyay mengatakan peningkatan volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Cipayung, biasa terjadi pada hari H lebaran.

Tak hanya itu, DLHK Kota Depok juga akan melakukan penanganan pengangkutan sampah pada hari lebaran di sejumlah jalan protokol.

“Melihat tahun-tahun sebelumnya, memang terjadi peningkatan sampah di hari lebaran. Namun sepertinya dua tahun ini tidak begitu pengaruh karena masih pandemi. Pengangkutan sampah hari H hanya dilakukan di jalan protokol,” akunya.

Guna mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA Cipayung, DLHK Kota Depok turut mengimbau seluruh Uni Pengolah Sampah (UPS) untuk melakukan pengolahan sampah yang dihasilkan saat lebaran.

“Ini perlu, untuk menekan produksi sampah yang masuk ke TPA Cipayung. Masyarakat juga diimbau agar tidak konsumtif, baik jelang maupun saat lebaran,” tuturnya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved