Breaking News:

Lebaran

Anies Baswedan: Kepala Daerah Jabodetabekjur Sepakat Halal Bihalal dan Ziarah Makam Ditiadakan

Kepala daerah yang tergabung dalam Jabodetabekjur sepakat meniadakan kegiatan silaturahmi atau halal bihalal saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Intan Ungaling Dian
WARTA KOTA/DESY SELVIANY
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Anies Baswedan bersama Kepala Daerah Bodetabekjur sepakat untuk tidak mengadakan halal bihalal di wilayah masing-masing. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Kepala daerah yang tergabung dalam Jabodetabekjur sepakat meniadakan kegiatan silaturahmi atau halal bihalal saat Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Kesepakatan itu dibuat saat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat bersama di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/5/2021).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, rapat dihadiri oleh kepala daerah di wilayah Jabodetabekjur ini membahas ketentuan umum untuk kegiatan Bulan Syawal atau pertengahan Mei 2021.

Nantinya, kepala daerah di masing-masing kota/kabupaten dan provinsi akan mengeluarkan surat edaran terkait ketentuan-ketentuan yang telah disepakati.

“Ada kesepakatan tentang kegiatan saling mengunjungi bahwa masyarakat diprioritaskan berkegiatan di rumah saja dan dianjurkan untuk tidak melakukan kegiatan saling mengunjungi dalam wilayah yang sama," 

"Termasuk lintas wilayah, baik skala kampung, kelurahan, kecamatan, kota, kabupaten atau pun provinsi,” ujar Anies Baswedan di Balai Kota DKI, Senin (10/5/2021).

Baca juga: Anies Luncurkan Naramuda Jakarta, Gantikan KJMU, Beasiswa Mahasiswa Rp9 Juta, Begini Cara Daftarnya

Baca juga: Miliki Waktu Luang Jadi Alasan Anak Buah Anies Enggan Ikuti Seleksi Jabatan Eselon 2

Dia mengatakan, kegiatan open house atau silaturahmi saat Lebaran juga ditiadakan, termasuk mendatangi kediaman tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menyarankan, masyarakat memakai aplikasi media sosial (medsos) untuk menjalin silaturahmi dengan kerabat maupun keluarganya.

Anies Baswedan juga melarang kegiatan halal bihalal di tempat kerja saat kembali beraktivitas, Senin (17/5/2021) mendatang.

“Jangan dimulai dengan acara halal bi halal dalam artian bertemu dan bersalaman karena itu kemudian nanti akan mengganggu ikhtiar kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved