Breaking News:

Lebaran

Perencana Keuangan Ingatkan THR PNS Sebaiknya Langsung Dibelanjakan untuk Kebutuhan Lebaran

THR PNS sudah cair sebaiknya dipakai untuk membeli kebutuhan lebaran seperti kue dan pakaian, jika ada sisa bisa untuk investasi

istimewa
Ilustrasi - Sebaiknya uang THR benar-benar dibelikan untuk kebutuhan lebaran mulai dari makanan hingga pakaian 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Perencana keuangan dari Universitas Indonesia, Budi Frensidy mengingatkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) memakai tunjangan hari raya (THR) untuk beli celana dan baju Lebaran secukupnya. 

Budi mengatakan, memang sebaiknya PNS belanjakan sebagian dana THR untuk kepentingan merayakan Hari Raya Idul Fitri. 

"Misal untuk beli makanan, kue, dan pakaian secukupnya. Satu baju dan celana baru serta mungkin ditambah sepatu," ujarnya melalui pesan singkat kepada Tribunnews, Jumat (7/5/2021). 

Menurut dia, prioritas uang THR untuk belanja kebutuhan primer, bukan tersier, dan jika terdapat dana lebih bisa diinvestasikan. 

Baca juga: Legislator Desak Pempov DKI Segera Bayarkan THR Bagi Para PJLP

Baca juga: Tak Bisa Bayar Gaji & THR Pegawai, Suplier Material Pembangunan Tol Cibitung-Cilincing Tagih Waskita

"Investasikan sisa dana yang ada. Secara umum, sebagian besar PNS sudah terima kasih dan bersyukur atas THR yang lebih besar dari gaji bulanan yang diterima (tanpa potongan)" kata Budi. 

Sementara, dia menambahkan, mungkin hanya sekira beberapa ribu orang saja yang kurang senang THR tidak dibayar penuh oleh pemerintah. 

"Biasanya mereka dapat THR plus tukin (tunjangan kinerja) katanya. THR yang diterima penuh kok dan lebih besar daripada transfer bulanan yang diterima karena saya mengalami juga sebagai PNS," pungkasnya.

Baca juga: Belum Bayar THR Karyawan, Disnaker Kota Depok Akan Sidak Perusahaan Seminggu Sebelum Lebaran

Gunakan THR untuk Dapat Cuan Dividen

 Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama menyebutkan bahwa Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa menggunakan tunjangan hari raya (THR) untuk dapat keuntungan atau cuan dari dividen saham. 

Nafan menjelaskan, ada beberapa emiten mematok cum date dividen sejak pekan ini di momen jelang Lebaran yakni PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG), PT Siloam International Hospital Tbk (SILO), PT Vale Indonesia Tbk (INCO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), dan PT Kimia Farma Tbk (KAEF). 

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved