Breaking News:

Penerbitan SIKM

Pemprov DKI Percepat Penerbitan SIKM, Jika Syarat Terpenuhi Cukup Tiga Jam Beres

Penerbitan surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta tidak lagi membutuhkan waktu selama dua hari, tapi tiga jam.

Warta Kota/Rizki Amana
Sekretaris Daerah Marullah Matali menyatakan penerbitan surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta tidak lagi membutuhkan waktu selama dua hari, tapi tiga jam. Hal itu sebagaimana Instruksi Sekretaris Daerah (Insekda) Nomor 51 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Percepatan Pemberian Layanan SIKM di Wilayah DKI Jakarta Selama Masa Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Penerbitan surat izin keluar masuk (SIKM) Jakarta tidak lagi membutuhkan waktu selama dua hari, tapi tiga jam.

Hal itu sebagaimana Instruksi Sekretaris Daerah (Insekda) Nomor 51 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Percepatan Pemberian Layanan SIKM di Wilayah DKI Jakarta Selama Masa Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Surat itu ditetapkan Sekretaris Daerah Marullah Matali pada Kamis (6/5/2021) lalu.

Baca juga: Pemalsu Dokumen Permohonan SIKM Jakarta Tercancam 12 tahun Penjara dan Denda Rp 12 miliar

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran Diberlakukan, Pemohon SIKM Capai 1.025 Orang, Tapi Hanya 312 yang Diloloskan

"Pelaksanaan percepatan pemberian layanan SIKM di wilayah DKI Jakarta selama masa peniadaan mudik hari raya Idul Fitri 1442 H kepada masyarakat paling lambat tiga jam setelah proses permohonan masuk ke dalam sistem layanan jakevo.jakarta.go.id," kata Marullah yang dikutip dari Insekda, Sabtu (8/5/2021).

Untuk para Wali Kota dan Bupati diminta memonitoring pelaksanaan percepatan penerbitan SIKM ini di wilayah Kota dan Kabupaten yang menjadi kewenangannya.

Sementara para Camat mengawasi pelaksanaan percepatan SIKM di wilayah kelurahan yang menjadi kewenangannya.

Sedangkan para Lurah melaksanakan percepatan penerbitan SIKM di wilayah kerjanya masing-masing.

Untuk biaya yang dibutuhkan dalam proses penerbitan SIKM dibebankan melalui dokumen pelaksanaan anggaran pada masing-masing perangkat daerah.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta, Benni Agus Candra mengatakan, perizinan SIKM dapat diajukan oleh pemohon selama 24 Jam setiap harinya.

Namun, untuk petugas DPMPTSP DKI Jakarta melakukan penelitian administrasi dan penelitian teknis pada hari kerja pukul 08.00 sampai 17.00, dan pada akhir pekan (sabtu dan minggu) pada pukul 10.00 s.d. 16.00.

Baca juga: 85 WNA Tiongkok Masuk Indonesia saat Larangan Mudik, Begini Penjelasan Komisi III DPR RI

Baca juga: Larangan Mudik Cegah Covid-19, Menhub: Kasus Corona di Negara Tetangga Lebih Parah dari Indonesia

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved