Breaking News:

Berita Nasional

Anis Sebut Ada 65 juta UMKM di Indonesia dan Porsi Kredit UMKM Baru Mencapai 18,8 Persen

Anis sebut ada 65 juta UMKM di Indonesia dan porsi kredit UMKM baru mencapai 18,8 persen.

Istimewa
Anis Sebut Ada 65 juta UMKM di Indonesia dan Porsi Kredit UMKM Baru Mencapai 18,8 Persen. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Anis Byarwati sebut ada 65 juta UMKM di Indonesia. dan porsi kredit UMKM baru mencapai 18,8 persen.

Dalam rangka mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional, skema Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi motor penggerak pembiayaan yang utama untuk UMKM ditengah lesunya penyaluran skema kredit yang lain.

Rapat Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Senin (3/5), yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memutuskan untuk memperpanjang tambahan subsidi pada bunga KUR sehingga menjadi 3% selama 6 bulan 1 Juli 2021 s.d. 31 Desember 2021.

Saat ini porsi kredit UMKM baru mencapai 18,8% terhadap total kredit perbankan. Porsi untuk UMKM tersebut perlu ditingkatkan secara bertahap setidaknya menjadi lebih dari 30% di tahun 2024.

Pemerintah menetapkan beberapa perubahan kebijakan KUR, salah satunya yaitu perubahan skema KUR tanpa jaminan yang awalnya tertinggi adalah 50 juta rupiah menjadi 100 juta rupiah.

Baca juga: Anggota DPR Anis Byarwati Minta LPEI Dorong Ekspor UMKM Lantaran Disuntik Rp 5 Triliun

Menanggapi hal ini, anggota Komisi XI DPR RI dari fraksi PKS, Anis Byarwati, menyampaikan pandangannya di Jakarta, Rabu (5/5/2021).

Menurut Anis, hal ini sangat wajar dilakukan Pemerintah dalam kondisi pandemi yang belum juga berakhir, dan kebijakan ini juga menjadi salah satu upaya mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional.

Skema KUR ini diharapkan menjadi motor penggerak pembiayaan yang utama di tengah lesunya penyaluran skema kredit yang lain.

Berdasarkan catatan OJK, penyaluran kredit usaha mikro dan kecil menengah (UMKM) akan terus tumbuh seiring dengan tingginya kebutuhan modal baru.

“Saat ini tercatat lebih dari 65 juta UMKM yang tersebar di Indonesia. Dan porsi kredit UMKM baru mencapai 18,8% terhadap total kredit perbankan,” kata Anis mengutip data dari OJK.

Peringatan HUT ke-1 Forum UMKM RW 08 Waringin Jaya, Bojonggede, Kabupaten Bogor pada Minggu (3/1/2021)
Peringatan HUT ke-1 Forum UMKM RW 08 Waringin Jaya, Bojonggede, Kabupaten Bogor pada Minggu (3/1/2021) (Warta Kota)
Halaman
123
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved