Breaking News:

Pegawai yang Tinggal di Bodetabek dan Bekerja di Jakarta Wajib Kantongi Surat Tugas dari Kantor

Pekerja yang tinggal di Bodetabek dan bekerja di Jakarta wajib mengantongi surat tugas kantor selama larangan mudik lebaran 6-17 Mei 2021.

Instagram @aniesbaswedan
Aturan Perjalanan Selama Larangan Mudik Lebaran dan Cara Membuat SIKM Jakarta 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pegawai atau pekerja dari wilayah Bodetabek wajib mengantongi surat tugas kantor selama masa peniadaan mudik lebaran berlangsung dari 6-17 Mei 2021 mendatang.

Tujuannya untuk memudahkan petugas dalam membedakan yang ingin pulang kampung dengan keperluan bekerja di Ibu Kota.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, kebijakan ini juga berlaku bagi aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI yang berdomisili di Bodetabek.

Baca juga: Kembali Picu Polemik, PSI Sayangkan Pemberlakuan SIKM DKI Terlalu Mepet dan Minim Sosialisasi

Mereka harus mengantongi surat tugas dari pimpinannya eselon II bila bekerja di SKPD atau dari Camat dan Lurah bila bekerja di wilayah.

"Kalau dia pekerja dan mau pergi harus ada surat tugas dari pimpinan. Termasuk dalam rangka pelaksanaan tugasnya. Jadi kalau ada ya kami lihat, betulkah dia sebagai pegawai dan dalam rangka pelaksanaan tugas," kata Arifin pada Jumat (7/5/2021).

Arifin mengatakan, kebijakan ini juga berlaku bagi karyawan di perusahaan swasta maupun BUMN/BUMD.

Baca juga: Tahapan Mendapat SIKM Jakarta Lewat Situs Jakevo, Mulai Berlaku Hari Ini

Mereka wajib mengantongi surat tugas dari pimpinan perusahannya, bahwa kedatangannya ke Jakarta karena adanya tugas kantor.

Menurutnya, di luar kelompok itu masyarakat yang ingin ke Jakarta ataupun keluar daerah wajib mengantongi surat izin keluar masuk (SIKM).

Namun hanya lima jenis kepentingan yang diizinkan keluar-masuk Jakarta, di antaranya kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal dunia, ibu hamil/bersalin, pendamping ibu hamil satu orang, dan pendamping persalinan maksimal dua orang.

Baca juga: Aturan Non Mudik Bagi Pelaku Perjalanan Wajib Bawa SIKM yang Berlaku untuk Sekali Jalan Saja

Hal ini mengacu pada Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 569 tahun 2021 tentang Prosedur Pemberian SIKM Wilayah Provinsi DKI Jakarta Selama Masa Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved