Breaking News:

Virus Corona

Epidemiolog Ingatkan Pulih dari Covid-19 Bukan Berarti Benar-benar Sembuh

Meskipun dampak kerusakan bisa saja terjadi pada organ tubuh lainnya, namun yang perlu diwaspadai adalah dua organ utama ini.

Editor: Yaspen Martinus
Dokumentasi Pribadi Dicky Budiman
Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Orang yang dinyatakan pulih dari Covid-19 namun memiliki penyakit penyerta (komorbid), masih harus mewaspadai dampak yang akan ditimbulkan Virus Corona.

Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, banyak masyarakat belum memahami tentang dampak Covid-19 pasca-dinyatakan negatif setelah menjalani masa perawatan.

"Pertama, harus dipahami bahwa Covid ini, walaupun sudah cukup banyak kita ketahui tentang Covid, tapi masih juga belum utuh ya."

Baca juga: 75 Pegawai KPK Tak Penuhi Syarat Jadi ASN, Ini Perintah MK Soal Nasib Mereka

"Belum lengkap (informasi yang didapatkan) tentag penyakit Covid ini."

"Salah satunya adalah bagaimana dampaknya, yang disebut pulih itu seperti apa," ujar Dicky kepada Tribunnews, Jumat (7/5/2021).

Mereka yang memiliki gejala ringan bahkan orang tanpa gejala (OTG) pun berpotensi merasakan dampaknya pada organ tubuh, khususnya organ penting seperti paru dan jantung.

Baca juga: Biasanya Cuma Logo, Kini Ada Bendera Merah Putih dan Foto Jokowi-Maruf Amin di Ruang Konpers KPK

"Yang jelas, pada orang yang bergejala ringan atau tidak bergejala, ternyata ada kerusakan organ ya, terutama di organ paru dan jantung," tutur Dicky.

Terlebih saat seseorang yang menderita Covid-19 atau telah dinyatakan pulih ini, sejak awal memiliki komorbid yang terletak pada kedua organ tersebut, seperti penyakit Tuberkulosis, asma maupun jantung.

Meskipun dampak kerusakan bisa saja terjadi pada organ tubuh lainnya, namun yang perlu diwaspadai adalah dua organ utama ini.

Baca juga: Densus 88 Belum Diterjunkan, Satgas Nemangkawi Masih Jadi Garda Terdepan Hadapi KKB Papua

"Nah, tentu ini menjadi akan lebih berdampak serius ketika orang tersebut juga memiliki penyakit di dua organ itu, yang utama ini ya."

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved