Breaking News:

VIDEO Tips Puasa Lancar Tanpa Lemas dan Sakit Kepala Saat Ramadan

Dokter Thomas Aquino Kinantyo menjelaskan beberapa penyakit yang umum terjadi selama kita menjalankan ibadah puasa di antaranya adalah Dehidrasi.

Editor: Murtopo
Youtube Wartakotalive.com
Program Tanya Dokter Spesial Ramadan membahas tips puasa lancar tanpa lemas dan sakit kepala saat ramadan. 

WARTAKOTALIVE.COM -- Ada beberapa masalah kesehatan yang kerap mengganggu kelancaran ibadah puasa di bulan Ramadan.

Hal ini bisa terjadi karena ada kebiasaan berbeda dari hari-hari biasanya yang harus dilakukan pada saat menjalankan ibadah puasa.

Ditambah dengan buruknya mengatur pola makan dan waktu istirahat juga bisa memungkinkan seseorang menjadi lebih rentan terserang penyakit tertentu saat berpuasa.

Penyakit yang sering dialami selama puasa bisa menyerang kapan saja.

Baca juga: Sudah 4 Tahun Jalani Ramadan Tanpa Dennis Lyla, Thalita Latief: Bukan Berarti Aku Kuat, Aku Menangis

Baca juga: Selama Ramadan, Pemprov DKI Bagikan 50.000 Paket Hidangan Berbuka Puasa Setiap Hari

Dokter Thomas Aquino Kinantyo menjelaskan beberapa penyakit yang umum terjadi selama kita menjalankan ibadah puasa di antaranya adalah Dehidrasi.

Terkadang, selama berpuasa kita sering kali merasakan dehidrasi, hingga memicu rasa lemas dan pusing atau sakit kepala dan mudah lelah.

Menurut dokter Kinantyo, seorang dokter umum yang saat ini bertugas di Klinik Spesialis di daerah Jakarta Selatan juga di Klinik Tamtama, Jakarta Barat menjelaskan bahwa hal tersebut dapat terjadi karena tubuh tidak mendapatkan asupan cairan yang cukup selama berjam-jam lamanya.

Baca juga: Hotel Grand Savero Bogor Gelar Takjil On The Road dan Buka Puasa Bersama Komunitas Street Hijrah

Kemudian aktivitas yang padat saat berpuasa juga membuat tubuh kehilangan lebih banyak cairan, sehingga memicu dehidrasi.

Gejala dehidrasi yang terjadi biasanya yakni memicu rasa lemas, pusing, sakit kepala dan tubuh mudah lelah.

Untuk menghindari semua hal tersebut, dr.Kinantyo memberikan beberapa tips agar puasa kita lancar tanpa dehidrasi, berikut tips yang disarankan :

1. Ketika waktunya berbuka puasa tiba, maka berbukalah dengan makanan yang mengandung banyak air, seperti buah semangka, jeruk, melon dan lain sebagainya.

2. Utamakan minum air putih minimal sebanyak 8 gelas saat sahur dan berbuka puasa. dr. Kinantyo juga menjelaskan dengan minum air putih sebanyak yang dianjurkan setidaknya akan terhindar juga dari rasa lemas dan mudah lelah, sehingga kita akan mampu berpuasa sampai waktunya berbuka puasa tiba.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved