Breaking News:

Jelang Libur Lebaran Wagub Banten Mewanti-wanti Pengelola Tempat Wisata Pantai dan Wisata Religi

“Saya yakin ini bukan tugas yang mudah. Mengawasi sekian banyak orang untuk menerapkan Prokes (Protokol Kesehatan Covid-19) di tempat-tempat wisata,

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Dedy
Warta Kota/Andika Panduwinata
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy 

WARTAKOTALIVE.COM, BANTEN --- Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mewanti-wanti seluruh stake holder (pengelola) tempat pariwisata di wilayah Provinsi Banten untuk benar-benar bersiap menghadapi momen libur Lebaran tahun ini.

Hal itu mengingat kebijakan larangan mudik dari pemerintah yang dikompensasi dengan diperbolehkannya masyarakat untuk berwisata.

“Saya yakin ini bukan tugas yang mudah. Mengawasi sekian banyak orang untuk menerapkan Prokes (Protokol Kesehatan Covid-19) di tempat-tempat wisata,” ujar Andika, Kamis (6/5/2021).

Ia menjelaskan potensi membludaknya pengunjung ke tempat-tempat wisata di Banten diprediksi akan terjadi di sejumlah destinasi wisata pantai dan destinasi wisata jiarah.

Hal itu mengingat, Banten memiliki banyak destinasi wisata pantai sejalan dengan kepemilikan panjang garis pantai yang luas.

“Kita juga tahu, Banten kental nuansa religi islami yang terwujud salah satunya melalui banyak kepemilikan destinasi wisata religi,” ucapnya.

Andika mengingatkan, meski kebijakan larangan mudik pemerintah pusat ini telah mampu memprediksi sebanyak 81 juta warga untuk tidak jadi mudik.

Namun survei juga menyebutkan bahwa masih ada sekitar 17 persen masyarakat yang memilih untuk tetap mudik.

“Dan perlu diketahui, Banten itu 6 besar tujuan mudik setelah Jabar, Jateng, Jatim, Bali dan Lampung,” kata Andika.

Lebih jauh Wagub meminta, Dinas Pariwisata Provinsi Banten bersama-sama stakeholder agar melakukan pemetaan kesiapan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan, baik kepada karyawan, pemandu wisata lokal, pengunjung, masyarakat sekitar, maupun pihak lain yang beraktivitas di tempat wisata melalui media luring dan/atau daring.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved