Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Hari Pertama Larangan Mudik, Hujan Diprakirakan Turun di sebagian Wilayah Indonesia

BMKG memprakirakan, hujan turun di sebagian wilayah Indonesia pada Kamis siang, hari pertama pemberlakuan larangan mudik Lebaran 2021.

Wartakotalive/Muhammad Azzam
Ratusan kendaraan yang hendak melakukan perjalanan mudik diputar balik petugas gabungan di perbatasan Bekasi-Karawang tepatnya di Jalur Pantura Kedungwaringin, Kabupaten Bekaai, Jawa Barat, pada Kamis (6/5/2021) dini hari. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Hari pertama pemberlakukan larangan mudik Lebaran, Kamis (6/5/2021), akan diwarnai hujan yang akan turun di sebagian wilayah di Indonesia.

Bagi para pemudik, terutama yang menggunakan sepeda motor, agar menyiapkan perlengkapan yang diperlukan agar tetap aman dan nyaman berkendara di saat hujan.

Menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan turun di sebagian wilayah Indonesia pada Kamis siang.

Video: Pemudik Numpang Truk Sayur Terkena Razia Penyekatan di Tol Jakarta-Cikampek

BMKG memprakirakan, hujan ringan berpotensi turun di Kota Serang, Bengkulu, Jambi, Bandung, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Makassar, Kendari, Manado, Padang, dan Medan.

Kota Banda Aceh dan Tanjung Pinang berpeluang menghadapi hujan dengan intensitas sedang sejak siang hari dan Kota Banjarmasin menghadapi potensi hujan yang disertai petir dari siang hingga malam hari.

Wilayah Kota Yogyakarta, Jakarta Pusat, Semarang, Pangkal Pinang, Mataram, Manokwari, dan Mamuju diprakirakan berawan sementara Kota Denpasar, Gorontalo, Jayapura, dan Pekanbaru cerah berawan. 

Baca juga: Selama Larangan Mudik, Pelabuhan Merak Hanya Operasikan Dua Dermaga untuk Keperluan Logistik

Baca juga: Lima Golongan Perjalanan Ini Boleh Melintas Selama Larangan Mudik, Apa Saja Syarat-syaratnya?

Cuaca Kota Surabaya dan Kupang juga diprakirakan cerah pada siang hari.

Potensi hujan lebat

Namun BMKG menyampaikan peringatan mengenai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah provinsi seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Wilayah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua juga menghadapi potensi hujan lebat disertai petir dan angin.

Baca juga: Hujan Deras Akibatkan Tebing di Desa Citeko Puncak Bogor Longsor, 4 Rumah Tertimpa Reruntuhan

Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Maluku Utara juga menghadapi potensi hujan disertai petir dan angin kencang. (Antaranews)

Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved