Breaking News:

Hari Raya Idul Fitri

H-6 Hari Raya Idul Fitri, Ini Tips Persiapkan Mobil untuk Lebaran ala Auto2000

Masyarakat masih diperbolehkan untuk melakukan perjalanan terbatas, seperti hanya di dalam kota saat merayakan Idul Fitri 2021.

Auto2000
Kondisi mobil harus tetap diperhatikan supaya tidak bermasalah saat digunakan untuk merayakan Idul Fitri 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Di tahun kedua penyebaran virus Covid-19, Pemerintah kembali melarang mudik lebaran Idul Fitri 2021 untuk masyarakat.

Namun, masyarakat masih diperbolehkan untuk melakukan perjalanan terbatas, seperti hanya di dalam kota saat merayakan Idul Fitri 2021.

Oleh karenanya, kondisi mobil harus tetap diperhatikan supaya tidak bermasalah saat digunakan untuk merayakan Idul Fitri 2021.

Video: Hari Pertama Pelarangan Mudik, Penyekatan di Jalan Gatot Subroto Jatiuwung

Pertama yang harus diperhatikan adalah ban mobil, lantaran tugasnya yang berat, apalagi saat Lebaran mobil sering diisi penuh oleh penumpang dan barang.

"Periksa tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan dan lakukan pemeriksaan ringan kondisi fisik ban dan pelek. Jangan dilupakan, ban cadangan juga wajib diperiksa. Sekaligus cek kondisi kaki-kaki mobil seperti shock absorber, per, lengan ayun dan komponen penggerak roda," tutur Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, Kamis (6/5/2021).

Kedua, periksa cairan yang menunjang kinerja kendaraan, seperti minyak rem dan minyak kopling untuk mobil manual, jangan abaikan pula air aki dan air wiper.

Baca juga: Melihat Langsung Situasi Penyekatan Tol Jakarta-Cikampek Hari Pertama Larangan Mudik Lebaran 2021

Baca juga: VIDEO Kapolda Metro Jaya Pantau Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang di Masa Larangan Mudik

"Jangan lupa periksa oli mesin dan oli transmisi, termasuk minyak power steering. Kalau masih penuh artinya tidak ada kebocoran, kalaupun berkurang sedikit masih wajar karena adanya pemuaian," jelas Tara.

Bermodalkan sistem yang diatur via komputer, tidak banyak hal bisa pemilik kendaraan lakukan dalam pengecekan mesin mobil.

Akan tetapi, pemilik bisa memosisikan kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen apakah ada masalah.

Baca juga: Sampai Jam 12 Siang, Ditlantas Polda Metro Jaya Putar Balik 1.070 Kendaraan Terkait Larangan Mudik

"Jika tidak ada, bisa melanjutkan dengan menyalakan mesin dan dengarkan bila ada suara aneh. Jika sampai terdeteksi masalah, peluang terbaik untuk memperbaiki adalah dengan membawanya ke bengkel Auto2000," ungkap Tara. (Lita Febriani)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved