Breaking News:

Tarawih Keliling

Lurah Pabuaran Bojonggede Rutin Tarawih Keliling untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona

Dalam rangka membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19, Lurah Pabuaran, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Romli memiliki cara tersendiri

Warta Kota/Yudistira Wanne
Lurah Pabuaran Bojonggede rutin menggelar tarawih keliling, dengan maksud menekan angka penyebaran virus corona. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Dalam rangka membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19, Lurah Pabuaran, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Romli memiliki cara tersendiri.

Khusus di bulan suci Ramadan 1442 Hijriah, Romli mengadakan kegiatan rutin yakni Tarawih Keliling (Tarling) dengan cara mendatangi Masjid yang berada di wilayah Kelurahan Pabuaran.

Dalam Tarling tersebut, Romli melakukan pendekatan persuasif sekaligus pemahaman kepada warga terkait larangan mudik yang diberlakukan oleh pemerintah.

Baca juga: Klaster Salat Tarawih Muncul di Banyumas, Menteri Agama Yaqut Cholil Minta Patuhi Prokes Covid-19

Baca juga: Kapolres Enrekang Tidak Segan Tegur Pengurus Masjid yang Tak Mengindahkan Prokes saat Tarawih

"Dalam Tarling itu, kami memberikan pemahaman kepada masyarakat agar sementara waktu menahan diri untuk tidak mudik," ujarnya, Rabu (5/5/2021).

"Itu kami lakukan tentu dengan rasa persaudaraan yang terjalin dengan baik. Sebab, larangan mudik yang diberlakukan untuk mencegah penyebaran virus corona," imbuhnya.

Lebih lanjut, Romli menegaskan bahwa kegiatan Tarling itu memang sudah menjadi agenda rutin setiap bulan ramadan tiba.

"Yang pertama itu sudah menjadi kebiasaan setiap tahunnya kita mengadakan Tarling di tingkat kelurahan. Kalau tahun kemarin belum terbentuk MUI di Kelurahan Pabuaran," jelasnya. 

"Tapi tahun ini alhamdulillah sudah terbentuk kepengurusan MUI periode 2021 - 2025. Alhamdulillah kita secara bersama-sama menghadiri Tarling di 12 masjid yang ada di Kelurahan Pabuaran," tambahnya.

Baca juga: Panduan Shalat Tarawih dan Witir untuk di Rumah atau Masjid, Dilengkapi Doa Kamilin dan Latinnya

Baca juga: WARGA Muslim Perumahan Taman Villa Meruya Jakbar Salat Tarawih di Tenda, Pembangunan Masjid Digugat

Selain menyampaikan larangan mudik, Romli pun menyampaikan beberapa hal penting lainnya yang menyangkut keamanan dan ketertiban lingkungan.

"Dalam melaksanakan Tarling, saya menyampaikan informasi kepada masyarakat. Yang pertama kita lakukan ronda malam supaya wilayah aman dan yang kedua harus menerapkan protokol kesehatan," paparnya.

Tidak hanya itu, Romli juga berpesan agar warga tetap melaksanakan kewajiban zakat fitrah.

"Jadi sesuai ketentuan, saya juga mengingatkan agar kewajiban zakat fitrah jangan sampai lupa. Itu disepakati Rp 37.500. Itu kan untuk saudara-saudara kita juga nantinya," tegasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Valentino Verry
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved