Breaking News:

Bridgestone Hadirkan Ban Ringan Eco Turanza untuk Mobil Listrik Tenaga Surya Lightyear One

Berpengalaman 90 tahun di industri ban, Bridgestone mengumumkan kerjasama eksklusif dengan perusahaan inovasi mobilitas asal Belanda, Lightyear.

istimewa
Mobil listrik tenaga surya Lightyear One - Produsen ban Bridgestone hadirkan ban ringan Turanza-Eco khusus untuk mobil listrik tenaga surya Lightyear One. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Berbekal pengalaman selama 90 tahun di industri ban, Bridgestone mengumumkan kerjasama eksklusif dengan perusahaan inovasi dalam hal mobilitas asal Belanda, Lightyear.

Dalam kerjasama ini, Bridgestone menciptakan ban khusus untuk Lightyear One, kendaraan listrik bertenaga surya jarak jauh pertama di dunia, yang akan tersedia secara komersial pada akhir tahun ini.

Berbeda dari mobil listrik pada umumnya, Lightyear One menawarkan jarak tempuh sebesar 725 km, dimana belum pernah terjadi sebelumnya.

Lightyear One juga merupakan mobil listrik pertama yang memiliki energi yang lebih hemat sebesar tiga kali lipat dibandingkan mobil listrik yang sudah beredar di pasaran.

Energi mobil tersebut akan diisi langsung oleh sinar matahari melalui atap surya yang besar, serta meminimalisir emisi karbondioksida serta mampu memaksimalkan efisiensi saat pengisian baterai.

Untuk mendukung kinerja unik ini dan lebih meningkatkan efisiensi, Lightyear membutuhkan ban yang menawarkan hambatan gulir yang  sangat rendah dan berat ban yang ringan guna menghemat masa pakai baterai, memaksimalkan jarak tempuh kendaraan, dan mengurangi dampak terhadap lingkungan.

Bridgestone menjawab tantangan tersebut dengan menciptakan ban Turanza-Eco khusus untuk Lightyear One, dengan menggabungkan teknologi evolusioner ban ringan ENLITEN dan teknologi ologic untuk pertama kalinya.

Dengan teknologi ini, dapat mengurangi bobot melalui penggunaan bahan mentah selama proses produksi, sekaligus mengurangi hambatan gelinding melalui desain telapak inovatif, diameter yang lebih besar, tekanan inflasi tinggi, dan desain ramping.

Hambatan gulir yang sangat rendah juga mempengaruhi berat baterai yang lebih ringan bagi Lightyear One.

Hasilnya, ban Turanza Eco mampu meningkatkan jarak tempuh jika dibandingkan dengan ban alternatif khusus Bridgestone Electric Vehicle lainnya, serta mampu mengurangi bobot baterai sebesar lebih dari 90 kg.

Halaman
123
Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved