Breaking News:

Viral Media Sosial

Sesalkan Pengusiran Jemaah Pakai Masker Dalam Masjid, MUI Bekasi: Bagian dari Ikhtiar Selama Pandemi

MUI Kota Bekasi Sesalkan Pengusiran Jemaah Pakai Masker Dalam Masjid. Sebab Dijelaskan Pakai Masker di dalam Masjid Bagian Dari Ikhtiar Selama Pandemi

Youtube Wartakotalive.com
Beredar video viral seorang pria bernama ingin melaksanakan ibadah Salat di Masjid Al Amanah di Jalan Kp Tanah Apit RT 02 RW 09 Kelurahan Medan Satria Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi diusir karena mengunakan masker berakhir damai. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bekasi menyayangkan kejadian seorang jamaah yang diusir lantatan memakai masker di dalam masjid.

Kejadian itu diketahui terjadi di Masjid Al Amanah Harapan Indah Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021) lalu.
Sekretaris MUI Kota Bekasi Hasnul Pasaribu menjelaskan mengenakan masker di dalam masjid ketika pandemi Covid-19 saat ini, merupakan bagian dari upaya manusia untuk membentengi dirinya sendiri dari tertular Covid-19.
"Betul, kalau masuk ke rumah Allah (mssjid), dijamin oleh Allah SWT, akan aman. Tapi kita juga boleh (diwajibkan) melakukan ikhtiar dalam masa pandemi, kesehatan jamaah juga dikedepankan," kata Hasnul saat dikonfirmasi pada Selasa (4/5/2021).

Apalagi, MUI dan Pemkot Kota Bekasi sudah jauh lebih dulu mengeluarkan panduan protokol kesehatan bagi masyarakat yang hendak melaksanakan kegiatan ibadah di luar rumah.

Pengenaan masker jadi salah satu poin penting yang diwajibkan bagi seluruh umat mana kala mereka ingin melakukan kegiatan di tempat peribadatan mana pun.
"MUI berpesan, tentang masker, tetap harus dipakai bila keluar rumah. Apalagi ditempat adanya kerumunan. Nah, untuk di mssjid, tetap kita diharuskan memakai masker, tanpa kecuali dan diperbolehkan karena dalam kondisi darurat atau Covid-19," ujarnya.
Hasnuk kembali menekankan bahwa seorang jamaah diwajibkan mengenakan masker di dalam masjid guna menjaga keselamatan dirinya dan orang lain dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19.
"Aturan dari MUI, sepakat bahwa, dalam kondisi saat ini, kita harus mengedepankan keselamatan bersama. Rasa aman juga akan timbul, bila kita sama-sama berikhtiar menjaga kondisi pendemi ini, supaya tidak menyebar," ungkap Hasnul.

Disesalkan Wali Kota Bekasi

Video pengurus masjid mengusir jamaah yang memakai masker saat hendak salat viral di media sosial.

Peristiwa tersebut diketahui terjadi di Masjid Al Amanah Harapan Indah Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat pada Selasa (27/4/2021).

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyesalkan insiden tersebut di tengah masyarakat menjalankan ibadah puasa.

“Pertama kita menyesalkan bahwa sejak Maret 2020, Pemerintah Kota Bekasi itu sudah punya standar pengendalian Covid-19, baik di kegiatan umum maupun juga di sarana-sarana rumah ibadah,” ujar Rahmat kepada awak media pada Senin (3/5/2021).Rahmat menerangkan di tengah masa pandemi Covid-19, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap patuh terhadap protokol kesehatan tidak terkecuali saat menjalankan ibadah.

Hal ini dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran wabah tersebut.

“Bahkan pada saat kita melaksanakan Idul Fitri 2020, kita minta di masjid itu ada panitia-panitia untuk supaya prepare terhadap prokes Covid-19,” imbuhnya.

Baca juga: Kisruh Izin Lokasi, PT Agung Intiland Group Kembali Mangkir dari Panggilan DPRD Kabupaten Tangerang

Baca juga: PT Agung Intiland Diduga Bermasalah, Pemerintah Kabupaten Tangerang Diminta Tegas Cabut Izin Lokasi

Baca juga: Tidak Konsisten dan Melanggar Kesepakatan, Izin Lokasi PT BLP Agung Intiland Terancam Dicabut

Baca juga: Diduga Langgar Sejumlah Aturan, DPRD Kab Tangerang Kembali Panggil PT TUM dan PT BLP Agung Intiland

Tindakan DKM Masjid Al Amanah kepada warga yang bernama Roni Oktavianto saat akan menjalankan ibadah salat, pada pukul 14.00 WIB pada Selasa 27 April 2021 lalu itu disesalkan Rahmat.

Halaman
1234
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved