Breaking News:

Satpol PP Jakarta Utara Siap Bongkar Bangunan Bermasalah di Muara Angke

langkah-langkah itu merupakan SOP yang harus dilakukan sebelum menjalankan eksekusi pembongkaran. 

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Proyek pembangunan gudang yang berada di Pelabuhan Perikanan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara ternyata belum disetujui pemilik lahan dalam hal ini Pemprov DKI Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Satpol PP Jakarta Utara telah menerima surat rekomendasi teknis (rekomtek) bongkar terkait bangunan bermasalah di Pelabuhan Perikanan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Kepala Satpol PP Jakarta Utara, Yusuf Madjid mengatakan surat rekomtek itu diterima pada 27 April 2021 dari Suku Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Jakarta Utara. 

"Iya, kami sudah terima rekomtek, nanti kami akan lakukan survei lokasi dan panggilan konfirmasi kepada pemilik bangunan," ujar Yusuf, sapaan akrabnya, Selasa (4/5/2021).

Konfirmasi dilakukan untuk mengetahui alasan pemilik yang mendirikan bangunan di atas lahan Pemprov DKI Jakarta dengan luasnya mencapai 2.000 meter.

Baca juga: Lapas Gunung Sindur Bogor Bikin Inovasi, Warga Binaan Transaksi di Kantin dengan Kartu e-Paspay

Baca juga: Hindari Kerumunan di Pasar, Ariza Meminta Masyarakat Berbelanja Secara Online

Yusuf menambahkan pihaknya akan melakukan rapat dengan UKPD terkait seperti Dinas KPKP (Ketahanan Pangan Kelautan Perikanan) serta PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) sebagai pemberi izin. 

“Kalau soal bongkarnya pasti bongkar, hanya mekanisme itu harus dijalankan,” tegasnya. 

Menurut Yusuf, langkah-langkah itu merupakan SOP yang harus dilakukan sebelum menjalankan eksekusi pembongkaran. 

"Intinya kita siap melaksanakan perintah Perda, dan tentunya dengan telah menjalankan SOP (Standar Operasional Prosedur) sebagaimana yang ada," ungkapnya. 

Baca juga: Profil Novel Baswedan, Terancam Dipecat KPK karena Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan

Baca juga: Ketua Umum HMS Center Hardjuno Wiwoho Sebut Sudah Banyak Masyarakat yang Pulang Kampung

Sebelumnya warga dan nelayan mengeluhkan proyek bangunan yang menutupi akses bongkar muat ikan di kawasan Pelabuhan Perikanan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara. 

Bangunan yang rencananya jadi gudang peralatan kapal tersebut dipastikan tidak memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan) karena berdiri di atas lahan milik Pemprov DKI Jakarta. 

Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta, Pujiono membenarkan bahwa lahan itu merupakan aset Pemprov DKI Jakarta dan belum memberikan izin pemanfaatan lahan. 

"Ada pengajuan sewa untuk pemanfaatan lahan, hanya saja ini masih dalam proses persetujuan. Semestinya, kalau belum selesai prosesnya tidak boleh digunakan dulu," ujarnya, Senin (19/4/2021).

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved