Breaking News:

Berita Kesehatan

Peneliti Universitas Queensland Ungkap Rokok Elektrik Lebih Efektif Bantu Seseorang Berhenti Merokok

Peneliti Universitas Queensland Ungkap Rokok Elektrik Lebih Efektif Bantu Seseorang Berhenti Merokok. Kok Bisa? Berikut Selengkapnya

Shutterstock
Ilustrasi rokok elektrik 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Penelitian terbaru dari yang dilakukan oleh Dr Gary Chan selaku Senior Research Fellow National Centre for Youth Substance Use Research Faculty of Health and Behavioural Sciences, The University of Queensland, Australia menemukan fakta mengejutkan.

Dalam penelitiannya, Dr Gary Chan menyatakan rokok elektrik atau vape terbukti efektif sebagai alat bantu berhenti merokok.

Rokok elektrik pun disebut 50 persen lebih efektif daripada terapi pengganti nikotin (NRT) dalam membantu perokok konvensional untuk berhenti merokok.

Studi menemukan, 83 persen partisipan yang menggunakan rokok elektrik memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk berhenti merokok dibandingkan mereka yang disodorkan NRT.

Selain itu, hanya 9 persen dari mereka yang melanjutkan penggunaan NRT.

"Rokok elektrik lebih efektif daripada produk NRT, karena rokok elektrik mengantarkan nikotin dengan jumlah sedikit untuk meringankan gejala putus obat," jelas Dr. Gary Chan dari National Centre for Youth Substance Use Research, The University of Queensland dikutip dari US National Library of Medicine National Institutes of Health.

"Selain itu, rokok elektrik juga memberikan pengalaman perilaku dan sensoris yang serupa dengan rokok konvensional," jelasnya.

Baca juga: Disidak Mayjen Dudung, Anies Baswedan dan Irjen Fadil Imran, Pasar Tanah Abang kini Mulai Kondusif

Baca juga: Bedah Foto Jokowi Tinjau Para Ibu Tanam Padi Sendirian, Roy Suryo : Bocor di Belakang

Baca juga: Kasus Editan Foto Bocor Juga Pernah Terjadi, Roy Suryo Sebut Ada Penampakan Dalam Rapat Jokowi

Baca juga: Teriakan Pele-pele Bikin Anak Buah John Kei Makin Beringas, Bacok dan Lindas Korban dengan Mobil

Dikutip dari studi yang sama, sebagian besar pustaka yang diamati masih menggunakan rokok elektrik keluaran awal sebagai objek penelitian.

Ini artinya, ada kemungkinan rokok elektrik keluaran terbaru yang mampu mengantarkan nikotin dengan lebih efisien dapat lebih efektif dalam mengurangi keinginan pengguna kembali merokok.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved