Breaking News:

Mudik Lebaran

Larangan Pulang Ke Bekasi Juga Diberlakukan Rahmat Effendi Bagi WNI dari Luar Negeri

Rahmat Effendi Tegaskan Kebijakannya, Semua Orang, Termasuk WNI dari Luar Negeri Kini Dilarang Pulang Kampung Ke Bekasi. Sanksinya Bakal Dikarantina

Warta Kota/Rangga Baskoro
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi saat wawancara ekslusif bersama Warta Kota. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI SELATAN - Tak hanya melarang pemudik dari luar daerah, Warga Negara Indonesia (WNI) yang berasal dari luar negeri pun dilarang untuk pulang ke Kota Bekasi.

Kebijakan tersebut ditegaskan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi berlaku selama masa peniadaan mudik dan pasca masa peniadaan mudik berlaku. 

"Dalam hal Warga Kota Bekasi yang berkeinginan kembali ke tanah air atau repatriasi maka diimbau untuk menunda kepulangannya ke lndonesia selama masa peniadaan mudik tanggal 22 April sampai dengan tanggal 5 Mei 2021 dan pasca masa peniadaan mudik yang berlaku tanggal 18 Mei sampai dengan tanggal 24 Mei 2021," kata Rahmat melalui keterangan tertulisnya, Selasa (4/5/2021).

Walau begitu lanjutnya, terdapat pengecualian bagi kendaraan pelayanan distribusi logisitik dan pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak untuk kepentingan non-mudik.

Antara lain, bekerja/ perjalanan dinas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga meninggal, ibu hamil yang didampingi oleh satu orang anggota keluarga, dan kepentingan persalinan yang didampingi maksimal dua orang.

Baca juga: Disidak Mayjen Dudung, Anies Baswedan dan Irjen Fadil Imran, Pasar Tanah Abang kini Mulai Kondusif

Baca juga: Bedah Foto Jokowi Tinjau Para Ibu Tanam Padi Sendirian, Roy Suryo : Bocor di Belakang

Baca juga: Kasus Editan Foto Bocor Juga Pernah Terjadi, Roy Suryo Sebut Ada Penampakan Dalam Rapat Jokowi

Baca juga: Teriakan Pele-pele Bikin Anak Buah John Kei Makin Beringas, Bacok dan Lindas Korban dengan Mobil

Mereka yang dikecualikan juga wajib mengantungi surat ijin keluar masuk (SIKM) yang diterbitkan oleh Pemkot Bekasi.

"Pelaku perjalanan orang wajib memiliki print out surat izin perjalanan tertulis atau Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM) sebagai persyaratan melakukan perjalanan," ucapnya.

Apabila kedapatan tak mengantungi SIKM, Pemkot Bekasi telah menyiapkan Stadion Patriot Candrabhaga (PCB) sebagau tempat karantina sementara bagi pemudik yang membandel.

"Kan GOR sudah kosong sekarang, karena isolasi mandirinya enggak ada lagi, kalau ada warga yang nakal terus pulang dari sana kedapatan dia ini, kita masukin dia ke situ (GOR) dulu," tutur Rahmat. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved