Breaking News:

Larangan Mudik

Kapolri Terbitkan Telegram Pengawasan Tempat Wisata Saat Lebaran, Wajib Tes Antigen untuk Pengunjung

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram berisi instruksi pengawasan dan penertiban Lebaran dan Mudik

Wartakotalive/Budi Sam Law Malau
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo keluarkan telegram berisi instruksi pengawasan dan penertiban aktifitas masyarakat di tempat wisata saat masa larangan mudik dan Lebaran 2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram berisi instruksi pengawasan dan penertiban aktifitas masyarakat di tempat wisata saat masa larangan mudik Lebaran 2021.

Surat telegram dengan nomor STR/336/IV/PAM.3.2./2021 tertanggal 30 April 2021 tersebut diteken Kapolri melalui Asisten Kapolri bidang Operasi, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Imam Sugianto, dengan atas nama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam telegram terdapat sejumlah perintah Kapolri yang dikhususkan kepada Kapolda serta jajaran anak buahnya yang berada di tingkat wilayah hingga pejabat utama (PJU) Mabes Polri.

Baca juga: Arief R Wismansyah Minta Buruh Kota Tangerang Patuhi Aturan Pemerintah Larangan Mudik Lebaran

Baca juga: Menjelang Pemberlakuan Larangan Mudik Lebaran Begini Kondisi Stasiun Pasar Senen

Listyo Sigit meminta agar seluruh aparat kepolisian dapat memetakan lokasi wisata yang akan buka dan tutup pada masa Lebaran 2021 nanti. 

Dari hasil pemetaan akan diperhitungkan untuk melihat seberapa besar animo masyarakat yang akan melakukan kunjungan wisata di masa larangan mudik dan libur Lebaran.

"Termasuk melakukan pengamanan dan memperketat pengawasan serta penerapan protokol kesehatan di setiap destinasi wisata yang menerima wisatawan saat Lebaran," kata Sigit dalam surat telegram tersebut.

Dalam surat telegram itu, Sigit juga meminta kepada seluruh jajarannya untuk turut berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 dalam melaksanakan swab antigen di tempat wisata yang buka. 

Baca juga: PPKM Mikro Jakarta Diperpanjang 4-17 Mei Antisipasi Lonjakan Covid-19 Saat Libur Lebaran

"Bahwa aparat kepolisian harus bertindak tegas apabila melihat adanya pelanggaran aturan protokol kesehatan yang terjadi di tempat wisata," ujarnya.

Kemudian, dalam surat telegram juga dipaparkan sejumlah aturan teknis yang harus diterapkan.

Mulai dari penyemprotan disinfektan secara berkala, menyediakan fasilitas untuk mencuci tangan, mewajibkan seluruh pekerja serta pengunjung menggunakan masker, dan melakukan sosialisasi terkait larangan mudik.

Halaman
1234
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved