Breaking News:

Hindari Kerumunan di Pasar, Ariza Meminta Masyarakat Berbelanja Secara Online

berdasarkan informasi yang dia dapat jumlah pengunjung di Pasar Tanah Abang per harinya pada Sabtu dan Minggu lalu mencapai 100.000 orang.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -  Berkaca pada membludaknya pengunjung di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Sabtu (1/5/2021) dan Minggu (2/5/2021) lalu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta masyarakat agar berbelanja via online di tengah pandemi Covid-19.

“Kami minta jangan semua belanja di Tanah Abang, masih banyak pasar lain agar tersebar dan bisa dilakukan belanja secara online. Kemudian tidak harus secara fisik (ketemu), karena pasar Tanah Abang umumnya sudah bisa dilakukan pembelanjaan melalui online,” kata Ariza di Balai Kota DKI pada Selasa (4/5/2021).

Ariza mengungkapkan, berdasarkan informasi yang dia dapat jumlah pengunjung di Pasar Tanah Abang per harinya pada Sabtu dan Minggu lalu mencapai 100.000 orang. Angka ini melonjak dibanding hari biasa atau akhir pekan sebelumnya yang hanya di kisaran 35.000-85.000 orang.

Baca juga: VIDEO Pria yang Berkata Tak Pantas Terhadap Warga yang Menggunakan Masker Dihukum Kerja Sosial

Baca juga: Dilemma Mumtaz Rais, Ikut Partai Ummat Besutan Ayahnya Atau Tetap Bersama Mertuanya di PAN?

Atas fenomena itu, kata dia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman telah mendatangi lokasi itu pada Minggu (2/5/2021) lalu.

Anies lalu berkoordinasi dengan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menghentikan pengangkutan maupun penurunan penumpang di Stasiun Tanah Abang mulai pukul 15.00 sampai 19.00.

“Semua moda transportasi diatur sedemikian rupa agar bisa mengurangi mobilitas, interaksi dan kerumunan, sehingga mengurangi penurunan Covid-19 di Pasar Tanah Abang,” jelasnya.

Baca juga: Bahayanya Sianida, Ini yang akan Terjadi Jika Racun Itu Masuk ke Tubuh, hingga Sebabkan Kematian

Baca juga: Junta Militer Myanmar Tuntut Jurnalis Jepang dengan Tuduhan Berita Palsu

Politisi Partai Gerindra ini memastikan, Satgas Covid-19 tingkat Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pengetatan dan pengawasan bersama stakeholder terkait. Melalui Perumda Pasar Jaya, DKI juga meminta agar dilakukan pengaturan jumlah pembeli yang ada di sana.

“Sirkulasi diatur terkait arus keluar-masuk pasar, termasuk keluar-masuk mudik juga. Kami koordinasi dengan Kapolda dan Pangdam Jaya,” jelasnya.

“Memang di salah satu sisi kan kita ingin ekonomi bergerak, tapi jangan sampai ekonomi bergerak, pedagang bisa jualan, pembeli bisa membeli yang diharapkan, namun terjadi peningkatan. Kami minta semua laksanakan prokes, jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan,” imbuhnya.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved