Breaking News:

Berita nasional

BPIP: Pendidikan Pancasila Diperlukan Karena Generasi Milenial Mengalami Benturan Digital

Rikard menilai era saat ini generasi muda mengalami benturan-benturan di media digital

Editor: Bambang Putranto
Tribunnews.com
Anggota Dewan Pengarah BPIP Rikard Bagun dalam Dialog Kebangsaan secara virtual bertajuk Pancasila Dalam Kurikulum, Senin (3/5/2021) 

Wartakotalive.com, Jakarta - Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rikard Bagun menilai pendidikan Pancasila sangat dibutuhkan di era digitalisasi kaum milenial.

Pasalnya, Rikard menilai era saat ini generasi muda mengalami benturan-benturan di media digital.

Hal itu disampaikan Rikard Bagun dalam Dialog Kebangsaan bertajuk Pancasila Dalam Kurikulum secara virtual, Senin (3/5/2021).

"Pendidikan Pancasila di tengah era perubahan sekarang sangat diperlukan karena generasi milenial mengalami benturan-benturan digital. Ada disorientasi di sana," kata Rikard.

Rikard pun menjelaskan, benturan digital ini menimbulkan disorientasi karena salah satu sisi lemah digital ini adalah bisa memproduksi hoaks dan fake news.

Meski, kata Rikard, tak terlepas dari kebaikan dan manfaat yang diberikan oleh era digital.

"Jadi kita melihat dari satu sisi dia bermanfaat untuk kemajuan tetapi dari sisi lain dia menjadi instrumen yang disalahgunakan untuk menyebarkan ujaran kebencian hoaks dan fake news yang menyebabkan disorientasi bahkan perpecahan di antara kita," ucapnya.

Untuk itu, Rikard berharap, melalui pendidikan Pancasila dapat mengembalikan nilai dasar berbangsa dan bernegara.

"Maka perku kita kembalikan jalan yang benar yaitu orientasi pada nilai-nilai dasar yang memang sudah teruji ratusan atau bahkan jutaan tahun hidup di Nusantara ini," jelas Rikard.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BPIP: Pendidikan Pancasila Diperlukan Karena Generasi Milenial Mengalami Benturan Digital

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved