Breaking News:

Pendidikan

Ikatan Dokter Anak Indonesia Tak Rekomendasi Sekolah Tatap Muka Juli 2021: Covid Belum Terkendali

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) belum merekomendasikan sekolah tatap muka yang rencananya akan mulai dibuka secara terbatas pada Juli 2021

Editor: Dian Anditya Mutiara
Wartakotalive.com/Desy Selviany
IDAI tak rekomendasi Sekolah Tatap Muka karena kasus Covid-19 belum reda foto Peresmian sekolah tatap muka di SD Negeri Palmerah 03 Pagi dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto, Rabu (7/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA --  Sekolah tatap muka terbatas untuk saat ini masih dianggap berbahaya mengingat pandemi Covid-19 masih belum terkendali. 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) belum merekomendasikan sekolah tatap muka yang rencananya akan mulai dibuka secara terbatas pada Juli 2021.

Alasan dari IDAI, karena kasus penularan Covid 19 masih belum terkendali.

Ketua Umum IDAI Aman B Pulungan, dilansir dari laman resmi idai.or id, salah satu alasan sekolah tatap muka belum direkomendasikan adalah karena tingkat positivity rate covid-19 di Indonesia masih di atas 5 persen.

"Persyaratan untuk dibukanya kembali sekolah antara lain terkendalinya transmisi lokal yang ditandai dengan positivity rate kurang lebih 5 persen dan menurunnya tingkat kematian," kata Aman.

Baca juga: Ahmad Riza Patria Klaim Belum Dapat Laporan Negatif soal Pembelajaran Tatap Muka

Hanya saja jika sekolah tatap muka tetap dimulai, maka pihak sekolah harus menyiapkan metode pembelajaran secara luring (luar jaringan atau offline) dan daring (dalam jaringan atau online).

Kemudian memberi kebebasan kepada orang tua untuk memilih anaknya diizinkan untuk belajar di sekolah atau di rumah.

Aman mengatakan anak yang belajar secara luring maupun daring pun harus memiliki hal dan perlakuan yang sama dalam kegiatan belajar dan mengajar.

"Mengingat prediksi jangka waktu pandemi covid-19 yang masih belum dapat ditentukan, maka guru dan sekolah hendaknya mencari inovasi baru dalam proses belajar mengajar. Salah satunya, memanfaatkan belajar di ruang terbuka, seperti taman, lapangan, sekolah di alam terbuka," jelasnya.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Sekolah di Sumatera Barat Picu Klaster Baru, Berikut Rekomendasi KPAI

Selain itu, IDAI juga menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin sekolah tatap muka kembali dilaksanakan.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved