Breaking News:

Virus Corona

Cerita Mahasiswa Indonesia Menimba Ilmu di India saat Badai Virus Corona

Mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di India, Ahmad Mujtaba, mengalami dua kali lockdown di India karena kasus Covid-19.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Intan Ungaling Dian
Dok pribadi Ahmad Mujtaba
Ahmad Mujtaba, mahasiswa asal Indonesia yang sedang menuntaskan program Master of Sociology di University of Mumbai, India. Dia mengalami masa lockdown dua kali di lndia karena kasus virus corona meningkat.  

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - India kembali dilanda badai kedua pandemi Covid-19 atau virus corona dan melakukan lockdown sebagai upaya pencegahan penyebaran infeksi virus corona. 

Kebijakan lockdown diambil pihak otoritas negara setempat berimbas penutupan akses mobilitas masyarakat lokal maupun internasional. 

Ahmad Mujtaba-Mahasiswa Indonesia sedang menempuh pendidikan di University of Mumbai, Maharashta, India, terkena dampak lockdown di India.

Menurut Mujtaba, dia sudah 2 tahun di India sejak tahun 2019 untuk menjalani  program beasiswa dari Pemerintah India untuk meraih master bidang sosiologi.

Saat kedatangannya ke India, di negara bagian Maharashta, India, keadaannya masih bisa sebelum terjadi pandemi Covid-19.

"Untuk tahun 2019 saya datang Alhamdulillah masih dalam kondisi normal. Jadi waktu itu kami datang ke Mumbai, India 4 Juni 2019," ucap Mujtaba melalui sambungan telepon, Sabtu (1/5/2021).

"Kurang dari setahun Mujtaba tinggal di India, kabar buruk datang dari Tanah Air berupa pandemi Covid-19 yang telah melanda sebagian wilayah di Indonesia," ujarnya lagi. 

Baca juga: Pemerintah Australia Ancam Penjarakan Warganya yang Nekat Kembali dari India

Tenaga medis sedang menangani pasien virus corona di rumah sakit di Mumbai, India. (Kiriman Foto dari Ahmad Mujtaba khusus kepada Wartakotalive.com)
Tenaga medis sedang menangani pasien virus corona di rumah sakit di Mumbai, India. (Kiriman Foto dari Ahmad Mujtaba khusus kepada Wartakotalive.com) (Istimewa)

Saat itu, dia sudah khawatir perkembangan penyebaran pandemi virus corona.

Kekhawatirannya terbukti, setelah Indonesia, India pun diterjang badai Covid-19.

"Ini di Mumbai, India sendiri itu mulai lockdown hampir sama dengan Indonesia sekitar bulan Maret 2020. Maret itu sudah lockdown total dan itu luar biasa. Jadi semua toko total lockdown 24 jam," ujarnya. 

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved