Breaking News:

KKB Papua

Reza Indragiri Amriel Menyebut KKB di Papua Masuk Kategori Sebagai Nationalist Dissident Terrorism

Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel, mendukung pemerintah yang melabeli Kelompok Kriminal Bersenjata Papua sebagai kelompok teroris.

Penulis: Budi Sam Law Malau | Editor: Sigit Nugroho
Warta Kota/Tribunnews.com
Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel. 

WARTAKOTALIVE.COM, SEMANGGI - Pakar Psikologi Forensik, Reza Indragiri Amriel, mendukung pemerintah yang melabeli Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua sebagai kelompok teroris.

Bahkan, Reza menyebut KKB Papua tepat dikategorikan sebagai Nationalist Dissident Terrorism atau Terorisme Pembangkang Nasionalis.

"Bagi saya, KKB di Papua itu tepat dikategori sebagai Nationalist Dissident Terrorism yang paling tidak beroperasi secara lokal," kata Reza kepada Warta Kota, Kamis (29/4/2021).

Reza menceritakan bahwa sekitar dua atau tiga tahun lalu, dalam suatu perbincangan di salah satu TV lokal di Jakarta, dirinya sempat mengajukan pertanyaan ke seorang pejabat BNPT.

"Saya tanya, apakah terorisme semata-mata berkaitan dengan agama? Dia menjawab, tidak. Bahkan pejabat tersebut mengatakan ada yang lebih berbahaya, yaitu separatisme," ujar Reza.

Baca juga: Grasi Terpidana Kasus Sodomi di JIS, Reza Indragiri Amriel: Manusiawi atau Distorsi?

Baca juga: BNPT: Pelabelan Teroris kepada KKB Papua Sudah Melalui Kajian Panjang dan Hati-hati

Baca juga: Ketua Komnas HAM Khawatir Status Teroris untuk KKB Papua Menutup Jalan Damai

Lalu menurut Reza, dia kembali bertanya, apakah separatisme sebagai terorisme yang lebih berbahaya itu, juga dicakup dalam UU Pemberantasan Terorisme saat itu? 

"Dia katakan tidak, saat itu," kata Reza.

Tapi hari ini, pemerintah resmi menyebut KKB di Papua sebagai kelompok teroris.

"Sebagaimana isi hati saya yang sebenarnya pada dialog di stasiun TV itu, saya tentu mendukung sikap Pemerintah. KKB di Papua itu tepat dikategori sebagai Nationalist Dissident Terrorism yang, paling tidak, beroperasi secara lokal," tutur Reza.

Memang kata Reza, sejenak muncul kesan bahwa naik kelasnya KKB Papua menjadi kelompok teroris merupakan dampak kegagalan pemerintah dalam meredam beranak pinaknya perilaku kekerasan masif kelompok tersebut. 

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved