Breaking News:

Jasa Marga Siaga

Tim Satgas Jasa Marga Siaga Mendukung Upaya Pengendalian Penyebaran Virus Covid-19

Tim Satgas Jasa Marga siap mendukung upaya pengendalian transportasi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Muh Azzam
Jasa Marga/ Tim Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga siap siaga dalam upaya pengendalian transportasi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Tim Satgas Jasa Marga siap mendukung upaya pengendalian transportasi dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021.

Pada pelaksanaan tugasnya, Tim Satgas Jasa Marga Siaga akan melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan dan prosedur yang berlaku pada lokasi Gerbang Tol, Jalur, Check Point, dan Rest Area, dengan memastikan penerapan physical distancing serta membatasi kapasitas rest area maksimal 50 persen dari kapasitas normal.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, dalam acara Kick-Off Jasa Marga Siaga yang berlangsung secara virtual pada hari ini (29/4/2021).

Subakti menyampaikan tahun ini merupakan kali kedua masyarakat harus menjalani ramadan dan Lebaran dalam situasi pandemi Covid-19 yang hingga kini masih belum berakhir.

Baca juga: Antisipasi Jasa Marga Pascaberedarnya Video Viral Emak-emak Naik Motor Masuk Jalan Tol

Baca juga: Video Viral Emak-emak Naik Motor di Jalan Tol, PT Jasa Marga Tempatkan Petugas Keamanan 24 Jam

“Kondisi ini telah mengubah pola perjalanan, mobilitas, dan aktivitas masyarakat, sehingga volume lalu lintas di jalan tol sampai saat ini belum kembali normal seperti sebelum pandemi terjadi," katanya.

Pada periode mudik lebaran, biasanya arus kendaraan akan meningkat signifikan, namun di Lebaran tahun ini, volume lalu lintas diprediksi lebih rendah dari normal karena pemerintah telah menetapkan kebijakan peniadaan mudik.

Oleh karena itu, menurut Subakti, meskipun volume lalu lintas tidak setinggi biasanya, Jasa Marga tetap akan siaga dan memberikan kinerja terbaik dalam Pelayanan Operasional Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, yang juga merupakan operasi kemanusiaan dalam upaya pencegahan penyebaran dan penanggulangan Covid-19.

“Kami juga akan memastikan Tim Satgas dan seluruh tim operasional yang bertugas dipastikan telah mendapatkan vaksinasi dan selalu memperhatikan protokol pencegahan penularan dan penanggulangan Covid-19, salah satunya yaitu dengan selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Subakti juga menjelaskan berbagai inovasi yang dilakukan oleh Jasa Marga dalam rangka meningkatkan pelayanan dalam periode Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, salah satunya yaitu pengendalian operasional secara lebih efektif dan terintegrasi melalui Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) dalam rangka optimalisasi kinerja dan pelayanan.

Baca juga: Viral Derek Liar Ganas di Gerbang Tol Halim, Begini Cara Dapatkan Layanan Derek Resmi Jasa Marga

Baca juga: Kecolongan Derek Liar Masuk Jalan Tol dan Lakukan Pemerasan ke Pengendara, Ini Tanggapan Jasa Marga

Selain itu, dua hal lainnya yang sangat menarik yaitu yang pertama, Jasa Marga bekerja sama dengan Indonesia Flying Club (IFC) akan melakukan pemantauan sekaligus uji coba patroli udara menggunakan pesawat Cessna untuk memperoleh informasi kondisi lalu lintas secara aktual.

Dan yang kedua, Jasa Marga bersama BASARNAS juga berencana melakukan simulasi penyelamatan korban melalui udara.

Sebagai salah satu upaya antisipasi dan persiapan penanganan kecelakaan lalu lintas serta peningkatan kemampuan petugas rescue.

Jasa Marga juga siap untuk memastikan kesiapan pelayanan berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dalam pengendalian perjalanan dan random check sampling di Rest Area sebagai upaya screening untuk mencegah penyebaran Covid-19, memastikan kondisi perkerasan, keberfungsian drainase, kesiapan sarana prasarana, serta pemenuhan seluruh substansi SPM jalan tol hingga memperhatikan aspek keselamatan.

"Kami memantau dan melakukan pengendalian pada titik-titik rawan kecelakaan, longsor, dan lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan lalu lintas," kata dia.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved