Breaking News:

Pertamina Dukung UMK Terus Berinovasi, Produk ProsperoFood Makin Variatif

Program kemitraan itu sesuai dengan SDGs ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Dok. Humas Pertamina MOR III
Susi Julianti, pemilik usaha ProsperoFood, salah satu mitra binaan Pertamina. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA — Inovasi tiada henti ditunjukkan oleh beberapa usaha mikro dan kecil (UMK) binaan Pertamina. Melalui Program Kemitraan, seluruhnya dibina dan didampingi hingga menjadi UMK naik kelas.

Dengan inovasi dan kreatifitas tersebut, usaha yang dijalani mitra binaan ini mampu berkembang secara pesat dan menyasar kalangan konsumen yang lebih luas.

Upaya ini telah ditunjukkan oleh salah satu mitra binaan Pertamina, Susi Julianti. Pemilik usaha ProsperoFood - CV Mitra Prima Mandiri yang berlokasi di Paramount Marketplace, Ruko Tematik P52 Gading Serpong Tangerang ini telah melakukan banyak inovasi pada usahanya. “Pada tahun 2015 memulai dengan minuman serbuk cokelat,” ujarnya.

Satu tahun berselang, produknya langsung menerima beberapa penghargaan dari instansi pemerintah dan pihak swasta.

Semangatnya membangun usaha akhirnya semakin menggebu-gebu. Dia mulai meracik formula untuk menciptakan bentuk produk lain. Seperti chocolate ball hingga minuman serbuk kopi instan.

Tidak berhenti disitu, inovasinya berlanjut di masa pandemi tahun 2020 lalu. Dia mulai mengekspansi produknya dengan membuat camilan sehat dari bahan buah-buahan.

Susi Julianti, pemilik usaha ProsperoFood, salah satu mitra binaan Pertamina.
Susi Julianti, pemilik usaha ProsperoFood, salah satu mitra binaan Pertamina. (Dok. Humas Pertamina MOR III)

Susi membuat produk freeze dried dari bahan durian, ubi ungu, jagung, pisang, nangka dan mangga. “Pandemi bukan alasan untuk tidak berkarya. Bahkan saya bersyukur tidak mengurangi jumlah karyawan dan justru bertambah,” jelasnya.

Pada awal memulai usaha, dia memiliki 2 orang karyawan. Kini, setelah menjadi mitra binaan Pertamina, terdapat 5 orang yang membantu mengelola usahanya. Susi menerapkan prinsip usaha berbasis sociopreneur.

Berkat kegigihan dan kreativitas yang dimiliki, produk-produk ProsperoFood telah berhasil dipasarkan tidak hanya di dalam negeri. Melainkan hingga Bangladesh dan Jepang.

Susi memanfaatkan hampir semua media sosial dan marketplace yang ada untuk media promosi. Sehingga jangkauan pemasarannya pun bisa lebih luas lagi.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengapresiasi langkah bisnis yang dijalani oleh Lina. Menurutnya, butuh kreativitas yang tinggi jika ingin usahanya banyak dilirik konsumen.

“Program Kemitraan Pertamina akan mendampingi supaya tidak hanya dilirik, melainkan hingga banyak yang membeli produknya,” tutur Eko.

Menurut Eko, melalui Program Kemitraan ini, Pertamina ingin dapat senantiasa menghadirkan energi yang menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. 

Program kemitraan itu sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) ke-8 yakni menyediakan pekerjaan yang layak dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Pertamina akan mendukung para UMK Indonesia agar lebih berdikari dengan pendampingan intensif yang kami berikan hingga UMK mampu naik kelas,” pungkasnya. (*)

Editor: Ichwan Chasani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved