Breaking News:

Warta Otomotif

Usung Teknologi Mesin Common Rail, Hino Optimistis Sambut Standar Emisi Euro

Walaupun mundur, para produsen kendaraan komersial, seperti Hino telah siap untuk mendukung langkah pemerintah.

Hino Indonesia
Hino Ranger Common Rail Engine Truk 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pemerintah Indonesia menunda penerapan standar emisi Euro 4 untuk kendaraan menjadi April 2022, yang seharusnya mulai berlaku April 2021.

Penundaan tersebut diakibatkan oleh adanya pandemi Covid-19, yang akhirnya membuat beberapa persiapan teknis harus mundur.

Walaupun mundur, para produsen kendaraan komersial, seperti Hino telah siap untuk mendukung langkah pemerintah.

Hino sendiri memiliki teknologi common rail yang sudah dikembangkan sejak tahun 1995, sekaligus menjadi produsen pertama yang mengembangkan teknologi ini di dunia.

Baca juga: Sri Mulyani Dkk Ungkap Penyelundupan 2,5 Ton Narkoba Jaringan Timur Tengah

Sedangkan di Indonesia, Hino memperkenalkan teknologi common rail sejak tahun 2012.

President Director PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) Masato Uchida, mengatakan dalam fase road to Euro 4, saat ini berbagai pengembangan kendaraan telah Hino lakukan sebagai pemain utama bus dan truk di Indonesia.

"Hal ini untuk memastikan kesiapan implementasi standar emisi Euro 4 untuk tahun depan," tutur Uchida saat Ngovsan Forwot virtual, Rabu (28/4/2021).

Baca juga: Lampaui Target, Mitsubishi Mampu Jual 980 Mobil selama Gelaran IIMS Hybrid 2021

Saat ini beberapa model truk dan bus Hino, seperti Hino Ranger FM 285 JD untuk dump, Ranger FL 245 JN dan FM 350 TH untuk cargo dan Hino bus RN 285 sudah menggunakan teknologi mesin common rail.

Dimana kendaraan – kendaraan ini sudah menggunakan sistem akumulator tekanan bahan bakar yang disebut common rail, yang artinya bahan bakar disemprotkan ke ruang bakar oleh injektor yang dikontrol secara elektronik.

Kerja injector menentukan jumlah dan waktu bahan bakar disemprotkan yang diatur oleh komputer mesin atau ECU, sehingga kombinasi inilah yang digunakan meningkatkan kerja mesin diesel sekarang ini.

Baca juga: Hino Luncurkan Dua Amunisi Barunya, Truk Logistik Ranger FLX 260 JW dan Bus Hino R 260 AS

Halaman
12
Editor: Feryanto Hadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved