Breaking News:

Berita Nasional

Moeldoko Bikin Asosiasi Mobil Listrik, Faisal Basri: Itu Pemburu Rente, Anggap Saja Dia 'Begal'

Menurut dia, Indonesia bisa menentukan akan mengambil peran apa dari rantai pasok global dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik. 

Penulis: | Editor: Feryanto Hadi
Tribunnews.com
Faisal Basri 

WARTAKOTALIVE.COM,  JAKARTA - Ekonom senior Faisal Basri mengungkapkan, ada indikasi sosok pemburu rente dalam industri kendaraan listrik di lingkaran Istana. 

Faisal menjelaskan, membangun industri kendaraan listrik seharusnya menyesuaikan rantai pasok global, tidak bisa langsung Indonesia berdiri sendiri, kecuali hanya untuk bisnis pribadi. 

"Bukan model Moeldoko yang bikin asosiasi kendaraan listrik (Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia/Periklindo), itu pemburu rente. Pemburu rentenya ada di Istana yang menggunakan kekuasaan untuk memperbesar bisnisnya, jangan percaya Moeldoko deh, anggap saja begal itu dia," ujarnya dalam webinar, Selasa (27/4/2021). 

Baca juga: Kabinda Papua Gugur Ditembak KKB, Moeldoko Bilang Operasi di Bumi Cenderawasih Perlu Dievaluasi

Selain itu, pemerintah harusnya membuat peralihan dari berbasis energi fosil ke listrik melalui kebijakan yang meningkatkan peran masyarakat, bukan hanya jualan kendaraan. 

"Tugas negara bawa transisi ini agar tidak menimbulkan keterkejutan, menimbulkan pengangguran. Jadi, berat kalau pemerintah tidak mempersiapkan," kata Faisal. 

Menurut dia, Indonesia bisa menentukan akan mengambil peran apa dari rantai pasok global dalam mendorong penggunaan kendaraan listrik. 

Baca juga: Letkol Irfan Suri Jadi Korban KRI Nanggala-402, Teman Angkatan Beri Kesaksian yang Menggetarkan Hati

"Sederhana saja kalau kita memilih bagian komponen mana yang akan kita kembangkan. Jangan industri mobil keseluruhan kita kembangkan," pungkasnya.

Moeldoko jadi ketua Periklindo

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko bersama beberapa Agen Pemegang Merek roda empat mendirikan Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia atau Periklindo.

Moeldoko yang menjabat Ketua Umum Periklindo, mengatakan, tujuan pendirian Periklindo untuk menjadi wadah berkumpul para pelaku industri kendaraan listrik.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved