Breaking News:

Amitra Kini Fokus Kembangkan Bisnis Syariah Dalam Pembiayaan Ibadah Akikah dan Kurban

Presiden Direktur PT SMA Inung Widi Setiadji mengatakan kini Amitra bukan hanya fokus pada pembiayaan haji dan umrah saja.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Agus Himawan
Wartakotalive.com/Desy Selviany
Presiden Direktur PT Sharia Multifinance Astra (SMA) Inung Widi Setiadji ditemui Wartakotalive.com di Menara FIF, Jalan Tb Simatupang, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (21/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Anak perusahaan dari FIFGROUP kini meluncurkan berbagai produk berbasis syariah yang dapat memenuhi kebutuhan umat muslim dalam menjalankan ibadah.

Mulai dari kebutuhan akikah, kurban, hingga emas untuk persiapan mas kawin kini bisa didapat dari Amitra. Amitra merupakan produk jasa keuangan berbasis syariah yang dikelola PT Sharia Multifinance Astra (SMA).

Presiden Direktur PT SMA Inung Widi Setiadji mengatakan kini Amitra bukan hanya fokus pada pembiayaan haji dan umrah saja.

“Kini kami fokus kembangkan bisnis syariah dalam pembiayaan ibadah lainnya seperti akikah dan kurban. Itu sudah kami luncurkan sejak tahun lalu,” jelas Inung, baru-baru ini.

Berbeda dengan jasa pembiayaan akikah dan kurban lainnya, lewat Amitra, umat muslim dapat mencicil hewan yang akan dikurbankan atau diakikahkan.

Baca juga: Asops Kapolri: Sekitar 2 ribu The Jakmania Kumpul di Bundaran HI, Undangan Disebar Melalui Medsos

Baca juga: Munarman Ditangkap, Warga Sekitar Cuek, Ketua RW Sebut Rumahnya Masih Dipenuhi Densus 88 Antiteror

“Jadi apabila ada masyarakat yang ingin berkurban tapi kemampuan kas nggak ada maka bisa kami bantu,” kata Inung. Inung memastikan bahwa pembiayaan hewan kurban dan akikah secara dicicil ini sudah sesuai syariat Islam.

Sebab, pihak Amitra juga melibatkan Dewan Syariah Nasional (DSN) dari MUI dalam mengkaji produk tersebut.
Jadi kata Inung, Amitra membantu umat muslim untuk menabung hewan ternak yang akan dikurbankan atau diakikahkan.

Nantinya setelah tabungan kurban tercapai, maka uang itu akan dibelikan hewan ternak oleh Amitra dan disalurkan sesuai syariat Islam. “Cicilan untuk kurban bervariasi ada yang Rp 300.000 per bulan dengan jangka waktu mencicil selama 12 bulan,” terangnya.

Sementara untuk pembiayaan emas juga dipastikan sudah sesuai dengan syariat Islam. Sebab, berbeda dengan investasi pada umumnya, pembiayaan emas lewat Amitra menerapkan sistem akad. Dimana pelanggan melakukan prosesi akad terlebih dahulu dari emas yang akan menjadi tabungannya.

Baca juga: Satgas Covid-19 Pantau Kesehatan Suporter Persija Pasca Kerumunan di Bundaran HI

Baca juga: UUS Maybank Hadirkan Program Berbagi Kebaikan dan Masjid Berkah

Amitra nantinya akan melihat dan menyeleksi kemampuan pelanggan dalam melakukan pembiayaan emas. Apabila memenuhi syarat, Amitra akan melakukan akad dengan kesepakatan yang sudah disepakati kedua belah pihak.

Emas yang dibeli dulu dengan biaya Amitra akan ditaruh dulu di Amitra. Setelah lunas, maka pelanggan akan mendapatkan emas yang sudah disepakati. “Jadi akadnya jual beli secara dicicil bukan kredit,” tutur Inung.

Emas yang dijual beli oleh Amitra beragam mulai dari 5 gram hingga 100 gram. Untuk emas 5 gram cicilannya bisa mencapai Rp230 ribu perbulan.

Diharapkan dengan sistem pembiayaan emas secara syariah ini, pelanggan dapat memiliki emas untuk disimpan atau kebutuhan pernikahan

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved