Breaking News:

Komisi B DPRD Kota Depok Meminta Pemkot Beri Kemudahan bagi UMKM Demi Genjot PAD 2021

Komisi B DPRD Kota Depok meminta Pemkot Depok memberi keringanan bagi UMKM agar dapat berkembang dan meningkatkan PAD Kota Depok.

Warta Kota/Vini Rizki Amelia
Suasana Rapat Paripurna saat membahas pandangan fraksi terkait Raperda Pemerintah Kota Depok di Ruang Paripurna, Gedung DPRD Kota Depok, Cilodong, Jawa Barat, Rabu (7/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Terkait hal itu, Anggota Komisi B DPRD kota Depok, Hafid Nasir menilai, soal PAD ini ada kebijakan pemerintah untuk memberikan sebuah keringanan kepada Wajib Pajak (WP).

Anggota Komisi B DPRD Kota Depok Hafid Nasir mengatakan ada kebijakan yang diambil oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) di masa pandemi Covid-19.

Diantaranya dengan memberikan keringanan kepada wajib pajak (WP) seperti untuk membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan/atau Bangunan (BPHTB) yang secara rutin dibayarkan WP.

Baca juga: Kepala Satpol PP DKI Minta Tim Satgas Terus Tingkatkan Kinerja Terkait Kasus di Klaster Perkantoran

“Teknis pembayarannya juga sudah dipermudah. Hanya saja terkait pajak restoran dan rumah makan ini memang menjadi hal yang perlu dilihat. Karena secara jumlah konsumen yang datang di setiap rumah makan atau restoran semakin berkurang, dan jumlah pengunjung pun dibatasi. Ini yang barangkali menjadi salah satu hal penyebab terhadap PAD,” kata Hafid Nasir saat dikonfirmasi wartawan, Senin (26/4/2021).

Mantan Ketua DPD PKS Kota Depok ini juga berharap suasana pandemi Cocid-19 bisa segera berakhir sehingga persoalan PAD yang sempat turun tergerus pandemi virus yang mendunia itu bisa kembali bangkit.

Tak hanya PAD, dengan berakhirnya pandemi Covid-19, Hafid menilai pemulihan ekonomi juga bisa kembali digenjot melalui ragam sumber yang bisa ditingkatkan.

Baca juga: Cek Penerimaan BLT UMKM Tahap 3 Hanya dengan Masukkan NIK KTP, Begini Caranya

Menurutnya, Kota Depok ini tidak punya banyak sumber daya alam yang memang bisa menarik perhatian para wisatawan untuk datang ke Kota Depok. 

Tetapi di sisi lain Kota Depok mempunyai Sumber Daya Manusia dengan jumlah penduduknya yang mengalami peningkatan secara signifikan setiap tahunnya.

Peningkatan jumlah penduduk di Kota Belimbing ini mencapai empat persen dalam kurun waktu satu tahun.

Baca juga: 60 UMKM Binaan JakPreneur di Jakarta Utara Bakal Meriahkan acara Ramadhan MarketFest 2021

Dengan kondisi seperti ini, Hafid mengatakan pemerintah harus memikirkan bagaimana bisa memberdayakan SDM tersebut.

Halaman
12
Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved