Breaking News:

Kawanan Bandit Bobol ATM Raup Puluhan Juta, Hasil Kejahatan Buat Beli Celana Jins dan Baju

Komplotan pembobol mesin ATM asal Lampung ini bisa meraup Rp 30 juta. Hasilnya digunakan memenuhi kebutuhan ekonomi

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Agus Himawan
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Polres Metro Jakarta Utara gelar perkara kasus pembobolan mesin ATM, di Polres Metro Jakarta Utara, Senin (26/4/2021). Pelaku pembobolan mesin ATM ini menggunakan uang curian untuk membeli celana Lebaran. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Polres Metro Jakarta Utara menangkap komplotan pembobol mesin ATM. Komplotan yang beranggotakan, BSR (26), HP (21), PK (23), SLM (37), MM (28), dan AIH (24) ini sudah beraksi sebanyak 13 kali.

Komplotan ini tidak hanya menyasar wilayah Jakarta tapi juga hingga ke Tangerang. Demikian diungkap Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan.

Guruh menambahkan dari hasil pemeriksaan awal, didapatkan keterangan bahwa salah satu pelaku pembobol mesin ATM merupakan resividis dan baru saja menghirup udara bebas, yakni PK.

“Setiap kali beraksi, keenam pelaku saling berbagi peran yakni BSR memiliki peran sebagai eksekutor mengganjal mesin ATM bersama HP,” ungkap Guruh, Senin (26/4/2021).

Baca juga: Wanita Muda Ditemukan Tewas di Perumahan Gria Asri Bekasi, Tetangga Curiga Ada Kejanggalan

Baca juga: VIDEO BNSP dan Dewan Pers Sepakat Kembangkan Sistem Kompetensi Nasional di Bidang Pers

Sementara PK berperan sebagai sopir yang membawa mobil Toyota Avanza berpelat B 2295 BYG. Tiga pelaku lainnya, AIH, SLM dan MM berperan memantau situasi agar tidak ketahuan.

“Dari hasil penggeledahan, ditemukan barang bukti uang sejumlah Rp 30 juta yang didapat di mobil milik sindikat pelaku tersebut,” katanya.

Lebih lanjut Guruh mengatakan, dari pengakuan para pelaku, uang hasil kejahatan mereka digunakan untuk keperluan sehari-hari. Termasuk kebutuhan untuk momen Lebaran.

Guruh mengatakan kawanan ini mendapatkan uang puluhan juta rupiah setiap kali beraksi meski tergantung dari kekuatan mulut mesin ATM.

“Dari hasil koordinasi dengan pihak vendor mesin ATM, para pelaku dapat memiliki keuntungan sejumlah puluhan juta rupiah,” kata Guruh.

Baca juga: Komisi B DPRD Kota Depok Meminta Pemkot Beri Kemudahan bagi UMKM Demi Genjot PAD 2021

Baca juga: Malaysia, AS, Inggris Sampaikan Belasungkawa Atas Musibah KRI Nanggala-402

Komplotan pembobol mesin ATM asal Lampung ini bisa meraup Rp 30 juta. Hasilnya digunakan memenuhi kebutuhan ekonomi serta membeli pakaian baru untuk menyambut Lebaran.

Hal ini terungkap saat beberapa stel baju dan celana jins disita dari para pelaku. Pakaian itu masih dalam kondisi baru alias belum pernah dipakai dengan terbungkus plastik bening. “Iya, celana-celana jins ini dibeli pakai uang hasil kejahatan para pelaku. Iya (buat Lebaran),” kata Guruh.

Atas perbuatannya tersebut keenam pelaku pun dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved