VIRAL VIDEO Persatuan Dukun Nusantara Turun Tangan Bantu Cari Kapal Selam KRI Nanggala 402

Dalam video tersebut, para anggota Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) hendak melarungkan wasilah atau perantara yang telah dibacakan mantra.

Penulis: Mohamad Yusuf | Editor: Mohamad Yusuf
twitter
Prajurit TNI AL menghormati awak KRI Nanggala 402. Kapal selam tersebut kini dinyatakan tenggalam dengan status on eternal patrol atau patroli selamanya yang takkan kembali. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sebuah video viral menggambarkan anggota Persatuan Dukun Nusantara (Perdunu) turut membantu mencari keberadaan kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Utara Bali.

Dalam video tersebut, para anggota Perdunu hendak melarungkan wasilah atau perantara yang telah dibacakan mantra.

Video itu diunggah melalui akun Instagram @lagi.viral pada Sabtu (24/4/2021).

"Bahkan salah satu orang yang menjadi pelaksana ritual tersebut berharap mereka bisa mendobrak pintu Arsy (singgsana Allah) sehingga KRI Nanggala-402 bisa ditemukan," tulis akun tersebut.

Tampak di video berdurasi 2.48 menit seorang pria membacakan mantra ke sebuah kendi berwarna coklat yang disebutnya sebagai wasilah.

Dibantu Amerika Serikat

Proses pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Utara Bali dibantu oleh Amerika Serikat (AS).

Bantuan Amerika Serikat (AS) tiba di Bali pada Jumat (23/4/2021) malam dengan menurunkan pesawat Poseidon P8 untuk membantu misi pencarian Kapal selam KRI Nanggala 402.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Achmad Riad mengatakan pesawat canggih Poseidon P8 yang dikenal sebagai pemburu kapal selam.

Baca juga: Kecolongan Derek Liar Masuk Jalan Tol dan Lakukan Pemerasan ke Pengendara, Ini Tanggapan Jasa Marga

Baca juga: Digerebek Warga saat Datangi Rumah Staf Wanitanya Tengah Malam, Pak Kades Ini Ngumpet di Plafon

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet Digelar Pekan Ini, Nama Ahok Mencuat Duduki Posisi Menteri Investasi?

Tipe pesawat P8 Poseidon milik AS, kata Riad, akan turut membantu proses pencarian Kapal selam KRI Nanggala 402 dan personelnya pun sudah sampai di Bali.

"Tim dari Poseidon yang nanti akan sebagai operator ataupun membantu P-8 Poseidon Amerika dari US Airforce yang mudah-mudahan bisa datang malam atau dini hari nanti, akan membantu proses pencarian, timnya sudah datang di sini tadi untuk berkoordinasi," kata Riad saat konferensi pers, Jumat (23/4/2021).

Terkait dengan perizinan, kata Riad, P-8 Poseidon sudah mendapat izin masuk ke Indonesia.

"Kemudian terkait clearence semuanya sudah clear. Ini sudah kita terima semua, untuk Amerika Poseidon sudah clear," kata Riad.

Keunggulan pesawat P-8 Posiedon

Dilansir dari Kompas.com, Marinir AS memang sering menggunakan pesawat P-8 untuk melakukan patroli di sekitar laut Filipina maupun perairan laut China Selatan.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved