Dalam Kurun Waktu 20 Tahun, Ini 4 Kecelakaan Kapal Selam yang Menggemparkan Dunia

Dalam dua puluh tahun terakhir, salah-satu insiden kecelakaan kapal selam adalah yang dialami oleh kapal selam Kursk milik Rusia.

Editor: Mohamad Yusuf
Grid.ID
(Ilustrasi Kapal selam RI Nagabanda) Dalam dua puluh tahun terakhir, salah-satu insiden kecelakaan kapal selam adalah yang dialami oleh kapal selam Kursk milik Rusia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Utara Bali menjadi catatan tersendiri di dunia militer.

Di mana tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 ini juga menambah deretan kasus kapal selam yang mengalami kecelakaan.

Mengutip straitstimes.com pada Sabtu 24 April 2021, tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 membuat Indonesia masuk ke dalam daftar negara-negara yang kapal selamnya mengalami kecelakaan fatal dalam kurun 20 tahun terakhir ini.

Baca juga: Kecolongan Derek Liar Masuk Jalan Tol dan Lakukan Pemerasan ke Pengendara, Ini Tanggapan Jasa Marga

Baca juga: Digerebek Warga saat Datangi Rumah Staf Wanitanya Tengah Malam, Pak Kades Ini Ngumpet di Plafon

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet Digelar Pekan Ini, Nama Ahok Mencuat Duduki Posisi Menteri Investasi?

Dalam dua puluh tahun terakhir, salah-satu yang terburuk dari sejumlah insiden kecelakaan kapal selam adalah yang dialami oleh kapal selam Kursk milik Angkatan Laut Rusia.

Berikut ini daftar kecelakaan fatal di seluruh dunia yang dialami kapal-kapal selam dikutip dari TribunBali:

1. Kapal Selam Kursk

Kapal selam yang menjadi kebanggaan Armada Utara Rusia itu tenggelam pada tahun 2000.

Kapal selam dengan 118 orang di dalamnya itu sedang bermanuver di Laut Barents ketika tenggelam, yang kemudian menewaskan mereka semua.

Penyelidikan menemukan sebuah torpedo telah meledak, sehingga menghancurkan kapal selam itu dan mereka yang ada di dalamnya.

Sebagian besar awaknya tewas seketika akibat ledakan torpedo itu. Tetapi beberapa dari mereka masih hidup selama beberapa hari, namun kemudian mati lemas akibat kehabisan oksigen.

2. Kapal Selam The Great Wall

Pada tahun 2003, 70 perwira dan awak Angkatan Laut China tewas, kemungkinan besar mati lemas akibat kehabisan oksigen, dalam kecelakaan kapal selam kelas Ming.

Kapal selam bernama The Great Wall itu adalah kapal selam diesel/listrik konvensional kelas Ming milik Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA).

Pada bulan April 2003 itu, selama latihan di Laut Kuning antara Korea Utara dan Provinsi Shandong, China, kapal tersebut mengalami kerusakan mekanis yang menewaskan 70 awak di dalamnya. Itu adalah salah satu bencana militer terburuk bagi China di masa damai.

Panglima Angkatan Laut PLA Shi Yunsheng dan Komisaris Politik, Yang Huaiqing, diberhentikan sebagai akibat dari kecelakaan tersebut.

Baca juga: Meski Bulan Ramadan, Wanita di Malang Ini Nekat Tetap jadi PSK, Alasannya Demi Hidupi 5 Anaknya

Baca juga: Hasil Survei Ini Sebut Tak Berlebihan jika Nadiem Makarim Di-Reshuffle, Berikut Penjelasannya

Baca juga: Ali Ngabalin Bocorkan Pekan Ini Ada Reshuffle, Yasonna Laoly Dianggap Layak Diganti Menurut Survei

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved