Breaking News:

Berita Video

VIDEO Masjid Jami Al Atiq, Berawal dari Sultan Mahmud Hasanuddin Hingga Pahlawan Betawi Si Pitung

“Tapi ketika itu pasukan Sultan Hasanudin dipukul mundur. Tahun itu Belanda punya senjata lebih canggih,” ungkap Yus, Kamis (22/4/2021).

WARTAKOTALIVE.COM, TEBET - Keberadaan Masjid Jami Al Atiq, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, menjadi satu dari sekian banyak masih yang sudah lama berdiri dan memiliki nilai sejarah.

Masjid yang berada tidak jauh dari aliran Sungai Ciliwung tersebut sudah berdiri sejak abad ke-17 tepatnya tahun 1632. Ketika itu masjid yang ada seperti seksrang hanya lah sebuah langgar.

Pengurus Masjid Al Atiq Tebet, Yus Holungo menceritakan dulunya di sekitar Tebet menjadi tempat persinggahan para saudagar karena ada dekat Sungai Ciliwung.

Hingga suatu ketika Sultan Mahmud Hasanuddin yang berasal dari Banten hendak menyerang para penjajah Belanda yang berada di Batavia sekitar tahun 1638 silam.

“Tapi ketika itu pasukan Sultan Hasanudin dipukul mundur. Tahun itu Belanda punya senjata lebih canggih,” ungkap Yus, Kamis (22/4/2021).

Setelah itu, Hasanuddin bersama pasukannya pun mundur dengan menyusuri Sungai Ciliwung. Sejak itu mereka pun bertahan di sana untuk beberapa lama di sekitar lokasi.

“Selama di sana mereka gunakan langgar ini sebagai tempat sembahyang karena kan di sana waktu itu nggak ada tempat lain, masih hutan,” sambungnya.

Bangunan langgar tersebut sangat sederhana dan kecil. Alhasil Hasanuddin bersama pasukannya mengubah langgar itu menjadi sebuah masjid sebelum kembali ke Banten.

“Sama pasukan Sultan Hasanuddin diperbaiki, kan sekitar sini dulu masih banyak hutan. Jadi dikenal sebagai peninggalan Sultan Hasanuddin,” ucap Yus.

Yus menambahkan sekitar abad ke 17-18, juga ada kehadiran pahlawan Betawi, Si Pitung yang sempat singgah di tempat tersebut.

Halaman
12
Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved