Breaking News:

Berita Nasional

Tingkatkan Perekonomian, Sandiaga Uno Bakal Ubah Sawahlunto dari Kota Tambang Jadi Kota Pariwisata

Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Sandiaga Uno Bakal Ubah Kota Sawahlunto dari Kota Tambang Jadi Jadi Kota Pariwisata

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Lubang Mbah Soero, Kawasan Ombilin, Sawahlunto, Sumatera Barat pada Kamis (22/4/2021) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM, SUMATERA BARAT - Ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia, Tambang Batu Bara Ombilin kini menjadi destinasi wisata sejarah unggulan di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat. 

Guna meningkatkan perekonomian masyarakat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno berencana mengubah Kota Sawahlunto dari semula kota tambang menjadi kota pariwisata.

"Hari ini kita melihat dengan penuh kekaguman kota warisan dunia dan kami dijamu dengan produk-produk ekonomi kreatif terbaik dari Kota Sawahlunto, yaitu dendeng batokok dan musik keroncong serta produk heritage, yaitu museum gudang ransum," ungkap Sandiaga Uno di Lubang Mbah Soero, Kawasan Ombilin, Sawahlunto, Sumatera Barat pada Kamis (22/4/2021) malam.

"Dan hari ini kita melihat Lubang Mbah Soero yang merupakan salah satu daya tarik wisata yang merupakan bagian dari pada Ombilin-coal mining heritage," tambahnya.

Area A yang sudah ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia katanya menjadi daya tarik wisata. 

Oleh karena itu, dirinya menitipkan pesan kepada Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta untuk mengembangkan pariwisata berbasis sejarah dari segi keberlanjutan serta peningkatan sumber daya manusia. 

"Dan beberapa proposal tadi sudah disampaikan untuk kita sinergikan dan kita kolaborasikan. Saya pikir langsung ke Pak Andre Rosiade untuk berkordinasi dengan Kementerian BUMN agar PT BA (Bukit Asam) mendukung secara penuh transformasi Kota Sawahlunto dari kota tambang menjadi kota pariwisata berbasis sejarah dan budaya," jelas Sandiaga Uno.

"Dan kami langsung konkret bahwa menyatakan Kota Sawahlunto ini merupakan unggulan," ujarnya bersemangat. 

Baca juga: Kisruh Izin Lokasi, PT Agung Intiland Group Kembali Mangkir dari Panggilan DPRD Kabupaten Tangerang

Baca juga: PT Agung Intiland Diduga Bermasalah, Pemerintah Kabupaten Tangerang Diminta Tegas Cabut Izin Lokasi

Baca juga: Tidak Konsisten dan Melanggar Kesepakatan, Izin Lokasi PT BLP Agung Intiland Terancam Dicabut

Walau begitu, Sandiaga Uno menyebutkan ada beberapa catatan sepanjang perjalanan menuju kawasan Ombilin

Di antaranya jalan yang menurutnya masih cukup sempit dan agak berlubang, sehingga mungkin menyulitkan bagi mobilisasi masyarakat. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved