Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Sudah Divaksinasi, 80 Orang Tetap Terpapar Covid-19, Kepala Dinkes Depok Ingatkan Protokol Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Depok mengingatkan pentingnya menjaga protokol kesehatan setelah ditemukan 80 orang positif Covid-19 meski telah divaksinasi.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Wartakotalive.com/Vini Rizki Amelia
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok dr Novarita saat ditemui di lokasi peresmian Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) Depok, Jawa Barat, Kamis (25/3/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Setelah melalui beberapa tahapan sasaran penerima vaksin Covid-19 mulai dari para tenaga medis, tokoh public, lanjut usia, dan terbaru adalah para tenaga pendidik.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok drg. Novarita mengingatkan kepada seluruh penerima vaksin bahwasanya protocol Kesehatan (Prokes) harus tetap dijalani dengan ketat.

Sebab, vaksin tidak menjamin 100 persen seseorang dapat terhindar dari infeksi virus yang mendunia sejak Desember 2019 itu.

Baca juga: Vaksinasi Bagi Pekerja Seni, Komedian Denny Chandra Apresiasi Pemprov DKI Jakarta

Hal ini dikatakan Novarita lantaran vaksin masih membutuhkan waktu untuk membentuk kekebalan dalam tubuh seseorang.

Untuk itu, Novarita mengingatkan kepada para penerima vaksin untuk selalu menerapkan prokes di mana pun berada agar memaksimalkan terbentuknya herd immunity yang baik demi memberantas pandemic yang sudah satu tahun terakhir ini menghantui hamper seluruh negara.

“Bagi yang sudah vaksin tetap harus menerapkan prokes,” papar Novarita saat dikonfirmasi Warta Kota, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Warung Kopi di Koja Dikeluhkan Warga karena tidak Patuhi Protokol Kesehatan

Novarita juga memberikan contoh beberapa kasus para penerima vaksin pada tahap sebelumnya yang tetap terinfeksi Covid-19 meski telah divaksinasi.

"Pada vaksinasi sebelumnya, 80 orang ditemukan positif Covid-19 walaupun merasakan gejala ringan," katanya.

Untuk itu., Novarita menegaskan bahwa pemberian vaksin bukan berarti membuat seseorang menjadi lengah dalam menerapkan prokes.

Baca juga: Jelang Pilkades Serentak 2021, Pemerintah Kabupaten Tangerang: Patuhi Protokol Kesehatan

Bila pada vaksin dosis pertama kemudian si penerima dinyatakan positif Covid-19, maka, kata Novarita, pemberian dosis selanjutnya harus menunggu selama tiga bulan setelah dinyatakan negative Covid-19 atau sembuh.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved