Breaking News:

Proyek Pembangunan Kampung Jepang di Pulau Untung Jawa Hampir Rampung

saat ini terdapat sekitar 54 pohon sakura yang tumbuh dan berkembang di Pulau Untung Jawa.

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pembangunan Kampung Jepang di Pantai Sakura, Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu sudah mencapai 95 persen.  

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Progres pembangunan Kampung Jepang di Pantai Sakura, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu kini sudah mencapai 95 persen. Demikian diungkap Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi.

Junaedi mengatakan progres pembangunan Kampung Jepang yang dimulai pada Rabu (10/3) .“Sekarang tinggal penyelesaian pembangunan jembatan penghubung, untuk pembangunan kios dan gazebo sudah rampung,” ungkap Junaedi, Jumat (23/4/2021).

Rencananya pembangunan kampung yang berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter persegi itu akan selesai pada bulan Mei mendatang. “Kampung Jepang ini akan dicanangkan pada 24 Mei 2021 oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melalui virtual,” kata Junaedi.

Kampung Jepang menjadi wajah baru DKI Jakarta di Kabupaten Kepulauan Seribu. Sementara nama Kampung Jepang diawali karena adanya pohon sakura di lokasi tersebut.

Ketika itu pada era perang dunia kedua, pohon sakura ditanami oleh delegasi diplomat Jepang. Warga Pulau Untung Jawa pun menamai pesisir pantainya dengan sebutan Pantai Sakura.

Baca juga: VIDEO Community Center Pamulang, Pusat Olahraganya Warga Pamulang

Baca juga: Hukum Kumur-kumur Saat Wudu Ketika Berpuasa Hingga Mencicipi Masakan

“Akhirnya saya punya inovasi bagaimana menata pulau yang ada di permukiman, udah kita bangun seperti kampung di Jepang,” kata Junaedi.

Junaedi menambahkan saat ini terdapat sekitar 54 pohon sakura yang tumbuh dan berkembang di Pulau Untung Jawa. “Kehadiran Kampung Jepang bisa menjadi daya tarik destinasi wisata Pulau Untung Jawa, dan meningkatkan perekonomian warga,” ujarnya.

Dengan terbangunnya Kampung Jepang, ini maka diharapkan jumlah kunjungan ke Kepulauan Seribu oleh wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara akan meningkat. Sehingga hal ini akan berdapak pada ekonomi masyarakat pulau. Pihaknya terus mendorong, destinasi-destinasi wisata di Kepulauan Seribu semakin dikenal.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Agus Himawan
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved