Breaking News:

Berita Nasional

Jadi Raja Ampat-nya Sumatera, Pesisir Selatan Dinilai Sandiaga Uno Menyimpan Beragam Potensi Wisata

Jadi Raja Ampat-nya Sumatera, Kabupaten Pesisir Selatan Dinilai Sandiaga Uno Menyimpan Beragam Potensi Wisata

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno ketika berkunjung ke Masjid Terapung, Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Jumat (23/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, SUMATERA BARAT - Ditunjuk sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kabupaten Pesisir Selatan dinilai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno menyimpan potensi wisata yang sangat menjanjikan. 

Kawasan terdiri dari gugusan bukit dan pantai itu pun dinilai Sandiaga Uno dinilai serupa dengan Raja Ampat, Papua Barat.

"Ada dua topik utama kita di Kabupaten Pesisir Selatan, pertama adalah bagaimana KEK yang sedang dirancang bisa menjadi salah satu pusat pertumbuhan berbasis pariwisata," ungkap Sandiaga Uno di Masjid Terapung, Pantai Carocok, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pada Jumat (23/4/2021).

"Dan ini adalah pariwisata yang menurut saya paradise of the saf, Raja Ampat-nya Sumatera, jadi kalau kita lihat tidak kalah sama Raja Ampat," jelasnya.

Oleh karena itu, kunci dalam mengembangkan Kabupaten Pesisir Selatan adalah pariwisata yang berkualitas dan ramah lingkungan. 

Antara lain, pariwisata berbasis alam, berbasis wisata bahari, tetapi juga berbasis kebudayaan.

"Bisa dilihat sendiri begitu indahnya, begitu tenangnya alam di pesisir selatan, khususnya di Pantai Carocok ini. Jadi kita akan sukseskan program KEK tadi tentunya untuk menghadirkan pariwisata berbasis nature dan culture," jelasnya.

Baca juga: Kisruh Izin Lokasi, PT Agung Intiland Group Kembali Mangkir dari Panggilan DPRD Kabupaten Tangerang

Baca juga: PT Agung Intiland Diduga Bermasalah, Pemerintah Kabupaten Tangerang Diminta Tegas Cabut Izin Lokasi

Baca juga: Tidak Konsisten dan Melanggar Kesepakatan, Izin Lokasi PT BLP Agung Intiland Terancam Dicabut

Selain konsep, Sandiaga Uno mengaku bakal berkolaborasi dengan sejumlah pihak, mulai dari pemerintah daerah hingga swasta dalam waktu dekat. 

Tujuannya untuk menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan sebagai salah satu ikon yang masuk ke dalam travel pattern bagi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat

"Akan tetapi perlu dukungan-dukungan dari segi amenitas (fasilitas pendukung) dan aksesibilitas (pencapaian). Jadi kita akan memetakan beberapa usulan, seperti dibangunnya kembali program-program tourist information center, home stay yang kita akan bangun di desa wisata," papar Sandiaga Uno.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved