Breaking News:

Berita nasional

Hari Buku Sedunia, Jokowi: Melalui Buku Kita Mengenal Gagasan dan Ilmu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat hari buku sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat, (23/4/2021)

Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi mengatakan, melalui buku kita menjelajah ke berbagai sisi dunia 

Wartakotalive.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat hari buku sedunia yang jatuh pada hari ini, Jumat, (23/4/2021).

Dikutip dari akun instagramnya @Jokowi, Presiden menuliskan bahwa buku merupakan jendela dunia.

Melalui buku kita menjelajah ke berbagai sisi dunia.

"Dari kedalaman laut, rimbun belantara, sampai ke luar angkasa," katanya.

Tidak hanya itu, kata Presiden, melalui buku kita mengenal gagasan, ilmu, hikayat, dan riwayat yang dituliskan sepanjang sejarah umat manusia.

Sebelumnya, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO menetapkan setiap tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia.

Dikutip dari Tribunsumsel.com, hari Buku Sedunia atau biasa dikenal dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional merupakan hari perayaan tahunan yang diadakan oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan dan hak cipta.

Tanggal 23 April dipilih sebagai hari Buku Sedunia untuk mengenang dan memperingati wafatnya para penulis buku terkenal serta sebagai bentuk apresiasi terhadap buku-buku sebagai gudangnya ilmu.

Peringati Hari Buku Dunia pertama kali dikemukakan oleh penulis Valencia Vicente Clavel Andres sebagai bentuk penghormatan atas jasa penulis terkenal Miguel de Cervantes, karena karya tulisnya yang populer berjudul Don Quixote.

Miguel de Cervantes kemudian meninggal pada tanggal 23 April. Sehingga UNESCO pada saat itu mengumumkan Hari Buku Sedunia jatuh pada tanggal tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved