Breaking News:

SOSOK Letkol Laut (P) Heri Oktavian, Komandan KRI Nanggala-402, Mantan Kepala Sekolah Lulusan Jerman

Komandan kapal selam KRI Nanggala-402 Letkol Laut (P) Heri Oktavian adalah mantan kepala Sekolah Kapal Selam lulusan dari Jerman.

istimewa
Komandan Kapal Selam KRI Nanggala-402 Letkol Laut (P) Heri Oktavian sebelumnya menjadi Kepala Sekolah Kapal Selam, Kodilat TNI AL. Kapal selam yang dipimpin Heri hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021) saat latihan penembakan torpedo di perairan utara Pulau Bali. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Komandan kapal selam KRI Nanggala-402 Letkol Laut (P) Heri Oktavian adalah mantan Kepala Sekolah Kapal Selam dan lulusan dari Jerman.

Sebelum memimpin kapal selam, Heri menjadi kepala sekolah selama setahun. 

Ia kerap memberi pembekalan kepada para taruna yang menimba ilmu dan tradisi kuat kapal selam. 

Sebagaimana diwartakan, Letkol Laut Heri Oktavian adalah komandan kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di laut Bali, Rabu (21/4/2021). 

Saat hilang kontak, kapal selam itu mengangkut 53 orang, terdiri dari 49 ABK, satu komandan, dan tiga  personel senjata. 

Kapal Selam KRI Nanggala-402 hilang kontak saat sedang melaksanakan latihan penembakan Torpedo SUT kepala latihan di daerah latihan kapal selam TNI AL di laut Bali.

KRI Nanggala-402 minta izin menyelam ke Komandan Gugus Tugas Penembakan (Danguspurla II) sesuai prosedur.

Selanjutnya kapal menyelam untuk melaksanakan penembakan, Rabu (21/4/2021) pukul 03.00 WIB.

Berdasarkan keterangan yang diterima Wartakotalive.com, setelah izin diberikan, KRI Nanggala-402 langsung menyelam lalu hilang kontak dan tidak bisa dihubungi lagi.

Profil komandan

Letkol Laut Heri Oktavian dilantik menjadi Komandan KRI Nanggala-402 pada 2020 lalu.

Sebelumnya, Letkol Laut (P) Heri Oktavian memimpin Sekolah Kapal Selam (Sekasel) Pusat Pendidikan Khusus, Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla), Kodiklat TNI AL.

Saat dilantik sebagai Komandan Sekasel pada November 2019, pangkatnya masih Mayor Laut (P) Heri Oktavian MSc. 

Mayor Laut (P) Heri Oktavian MSc menggantikan Komandan Sekasel sebelumnya,  Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana, S.M. 

Sertijab yang dilaksanakan dalam Upacara militer tersebut dilaksanakan di Lapangan Apel Sekolah Kapal Selam Pusdiksus Kesatrian Kodikopsla, Ujung, Surabaya.

Hadir dalam upacara serahterima tersebut, para pejabat Utama Pusdiksus diantaranya Komandan Sekolah Pasukan Katak, Komandan Sekolah Penyelam, Komandan Sekolah Penerbang dan para kepala bagian di jararan Pusdiksus Kodikopsla Kodiklatal.

Jabatan Komandan Sekasel Pusdiksus ini sebelumnya kosong, karena pejabat lama harus menempati jabatan baru. 

Untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut untuk sementara pelaksana harian dijabat Mayor Laut (P) Agus Pujiono.

Pendidikan di Jerman

Sebelum menempati jabatan Komandan Sekolah Kapal Selam, Mayor Laut Heri Oktavian melaksanakan pendidikan Sekolah Staf dan Komando AL di Jerman.

Jabatan Komandan Sekasel diemban Mayor Heri Oktavian sekitar satu tahun. 

Pada 3 April 2020, Mayor Heri Oktavian menyerahkan tongkat komando Dansekasel kepada Mayor Laut (P) Fufuk Ariek Akhiranto.

Mayor Heri Oktavian yang pangkatnya naik menjadi Letkol Laut lalu menduduki jabatan baru sebagai Komandan KRI Nanggala-402.

Acara serah terima jabatannya dipimpin langsung oleh Danpusdiksus Kolonel Laut (P) Bayu Alisyahbana di Ujung, Surabaya (03/4).

"Jabatan tersebut merupakan amanah sekaligus penghargaan yang diberikan TNI AL atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang telah ditunjukkan selama ini," ujar Danpusdiksus.

Kepada seluruh personel dan stafnya, Danpusdiksus berpesan agar mendukung seoptimal mungkin Komandan Sekasel yang baru serta menjalin kerjasama yang baik.

Komandan Sekasel adalah unsur pelaksana di lingkungan Pusdiksus yang bertugas membantu Komandan Pusdiksus dalam menyelenggarakan pendidikan pengembangan profesi lingkup sekolah yang bersangkutan.

Pada 20 Juni 2020, Komandan KRI Nanggala (402) Letkol Laut (P) Heri Oktavian ikut memberikan pembekalan bagi Taruna Tingkat IV Angkatan ke-65.

Setelah sebelumnya dibekali brevet Penerbang dan Penyelam, Taruna Tingkat IV Angkatan ke-65 dibekali dan diajak untuk bergabung bersama mendapatkan brevet Korps Hiu Kencana (awak kapal selam) setelah dilantik menjadi perwira TNI AL.

Pembekalan brevet kapal selam ini merupakan salah satu materi yang diberikan kepada Taruna Tingkat IV Angkatan ke-65.

Pembekalan itu disampaikan langsung Komandan Satuan Kapal Selam Koarmada II, Kolonel Laut (P) Iwan Kusumah SE di Auditorium Mandalika, Komplek Ki Hadjar Dewantara, Kesatrian Bumimoro AAL, Surabaya, Jumat (12/6/2021).

Dalam pelaksanaan pembekalan kepada Taruna AAL tingkat akhir ini, Dansatsel didampingi Komandan KRI Nanggala (402) Letkol Laut (P) Heri Oktavian, Pasops Satsel Mayor Laut (P) Topan Agung Yuwono dan Komandan Sekolah Kapal Selam (Dansekasel) Pusdiksus, Kodiklatal Mayor Laut (P) Fufud Ariek A.

Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Sosok Letkol Laut Heri Oktavian Komandan KRI Nanggala 402 yang Hilang, Lulusan Jerman, Karir Moncer, https://surabaya.tribunnews.com/2021/04/22/sosok-letkol-laut-heri-oktavian-komandan-kri-nanggala-402-yang-hilang-lulusan-jerman-karir-moncer?page=all.

Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved