Breaking News:

Berita Nasional

Buka Peluang Usaha, Sandiaga Uno Gandeng IKM Rendang Kota Payakumbuh untuk Ramaikan Expo Dubai

Buka Peluang Usaha, Sandiaga Uno Gandeng IKM Kota Payakumbuh untuk Ramaikan Expo Dubai. Berikut selengkapnya

Istimewa
Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno yang didampingi Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi ketika menyambangi Sentra IKM Rendang yang terletak di Padang Kaduduk, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat pada Kamis (22/4/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, SUMATERA BARAT - Hadirkan rendang bercita rasa unggulan dalam Expo Dubai, Uni Emirat Arab; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia menggandeng sejumlah pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) rendang di Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Langkah tersebut diharapkan dapat menciptakan peluang usaha yang berujung kepada lahirnya lapangan kerja.

Hal itu disampaikan Menparekraf Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno yang didampingi Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi ketika menyambangi Sentra IKM Rendang yang terletak di Padang Kaduduk, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat pada Kamis (22/4/2021).

Keputusan untuk merangkul para pelaku IKM diungkapkannya merupakan bukti nyata atas gerap cepat dalam pemulihan sektor parekraf nasional.

Mengingat, usulan pembangunan industri rendang itu sebelumnya disampaikan dalam rapat virtual bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan pada Senin (19/4/2021).

Rendang pun katanya akan dihadirkan dalam Expo Dubai sebagai salah satu kuliner unggulan Indonesia. 

Baca juga: Kisruh Izin Lokasi, PT Agung Intiland Group Kembali Mangkir dari Panggilan DPRD Kabupaten Tangerang

Baca juga: PT Agung Intiland Diduga Bermasalah, Pemerintah Kabupaten Tangerang Diminta Tegas Cabut Izin Lokasi

Baca juga: Tidak Konsisten dan Melanggar Kesepakatan, Izin Lokasi PT BLP Agung Intiland Terancam Dicabut

"Kita gerak cepat, dan kita langsung konkret setelah rakor yang dilaksanakan minggu lalu, berkordinasi dengan Wali Kota dan jajaran, The City Of Rendang ini kita harapkan langsung mengambil tempat di Spices of The World dan kita akan mempromosikannya di Dubai Expo 2021," ungkap Sandiaga Uno pada Kamis (22/4/2021).

Oleh karena itu, dirinya secara langsung meminta seluruh pelaku IKM rendang dapat bersiap, karena pihaknya akan melakukan satu gerakan kolosal, yakni Indonesia Incorporated (tergabung) untuk mendukung produk-produk ekonomi kreatif, khususnya kuliner.

"Dan karena rendang menempati posisi teratas, kita sudah tetapkan rendang pada top of the list, jadi ini yang akan kita lakukan untuk membuka peluang suaha dan membangkitkan ekonomi kita," imbuhnya.

Baca juga: Sandiaga Uno : Fauzi Azmi, Jam Gadang dan Gerak Ekonomi Bukittinggi

Baca juga: Tingkatkan Perekonomian Masyarakat, Sandiaga Uno Bakal Bangun Cable Car di Danau Manijau

Baca juga: Bangkitkan Kuliner dan Pariwisata Berbasis Keindahan Alam, Sandiaga Uno Keliling Sumatera Barat

Bersamaan dengan hal tersebut, para pelaku di Sentra IKM Rendang katanya juga akan mendapatkan insentif berupa subsidi ongkos kirim (ongkir) dari pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Dwi Rizki
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved