Breaking News:

Prakiraan Cuaca

BMKG: Empat Wilayah Ini Harus Waspada Terhadap Risiko Banjir Bandang Akibat Hujan Lebat

BMKG juga memprakirakan sebagian wilayah Jawa dan Sumatera berpotensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

Syafika Lamawuran untuk Pos Kupang
Wilayah yang harus waspada terhadap risiko banjir dan banjir bandang karena hujan lebat yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kalimantan Utara, Kamis (22/4/2021). Foto ilustrasi: Kondisi banjir bandang di kecamatan Adonara Timur dan Ile Boleng Flores Timur. Banyak rumah roboh termasuk mobil tanki terguling. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Beberapa wilayah di Indonesia hari ini, Kamis (22/4/2021), masuk dalam kategori waspada terhadap risiko banjir dan banjir bandang karena hujan lebat.

Wilayah yang harus waspada terhadap risiko banjir dan banjir bandang karena hujan lebat yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kalimantan Utara.

Itulah peringatan yang disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kamis.

Video: Profil Kapal Selam Nanggala 402, Monster Bawah Laut Hilang di Perairan Bali

Selain itu, BMKG juga memprakirakan sebagian wilayah Jawa dan Sumatera berpotensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG pada Kamis, Taifun Surigae yang terpantau di Samudera Pasifik timur Filipina bergerak ke arah barat laut.

Hal itu secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan angin atau konfluensi memanjang dari Kalimantan bagian utara, Laut Sulawesi, perairan Maluku Utara hingga Samudera Pasifik di utara Papua Barat.

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Selasa 20 April 2021: Hujan Lebat Diprakirakan Guyur Sejumlah Wilayah

Baca juga: UPDATE Prakiraan Cuaca Sabtu 17 April 2021, BMKG: Sejumlah Daerah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Selain itu, terbentuk juga daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi memanjang dari Kalimantan Tengah hingga pesisir timur Kalimantan Utara.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di perairan barat Sumatera Utara yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari perairan Aceh hingga pesisir timur Sumatera Utara.

Semua kondisi itu meningkatkan potensi hujan lebat disertai kilat/petir serta angin kencang di sejumlah daerah.

Halaman
123
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved