Breaking News:

Bagaimana Olahraga yang Efektif Saat Menjalankan Ibadah Puasa? Begini Kata Dokter

ketika berpuasa alangkah baiknya melakukan olahraga ringan apabila ingin dilakukan saat pagi hari.

martono fadli
Baju olahraga bagi yang pakai hijab 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Berpuasa di bulan suci Ramadan merupakan keharusan bagi umat muslim. Namun bukan berarti orang yang berpuasa tidak dapat melakukan kegiatan olahraga.

Selama berpuasa, tentu ada sejumlah hal yang bakal berubah dalam aktivitas harian kita. Satu di antaranya yakni pola olahraga. Ketika berpuasa, kita tidak mendapatkan asupan cairan sehingga berolahraga membuat tubuh rentan dehidrasi.

Tapi, ada beberapa pilihan waktu dan cara berolahraga yang bisa kita pilih selama bulan Ramadhan sehingga rutinitas olahraga tak akan terganggu meski menjalankan ibadah puasa Ramadan.

Oleh karena itu, agar tetap produktif dan ibadah puasanya lancar, dr A Andi Kurniawan, Sp KO selaku spesialis kedokteran olahraga membeberkan waktu dan cara yang efektif ketika sedang berpuasa.

"Pada saat berpuasa tentu olahraga yang biasanya dikukan sebelum puasa, tetap bisa dilakukan hanya saja intensitasnya dikurangin," kata dr. Andi saat live Instagramnya bersama radio Elshinta 90 FM, baru-baru ini.

Baca juga: Cerita Masjid Jami Al Atiq, Dari Sultan Mahmud Hasanuddin hingga Si Pitung

Baca juga: Tak Terdengar Lagi Kabar Proses Hukumnya, Mahasiswa Pertanyakan Kasus Pelecehan Oleh Oknum Lurah

Andi menyarankan, untuk olahraga kardio sebaiknya pilih gerakan intensitas ringan dan batasi durasinya hanya sekitar 30 menit setiap hari.

Tubuh akan dehidrasi ketika berpuasa, sehingga kita akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi, terutama jika olahraga dilakukan sebelum buka puasa.

"Misalnya lari kenceng sama lari pelan, jogging, dan jalan cepat itu adalah intensitas atau berat ringannya kita berolahraga," katanya. "Jadi intensitasnya dikurangin, durasinya mungkin maksimum 30 menit cukup," tambahnya.

Selain itu, menurutnya, melakukan kegiatan sehari-hari saat berpuasa sudah sangat efektif tanpa harus melakukan olahraga sekali dan sisanya istirahat.

"Sebenarnya kalo kita jalankan kegiatan sehari-hari saat puasa itu efektif, dibanding harus olahraga sekali 30 menit, terus sisanya tidur," bebernya. Untuk waktu yang tepat ia menyarankan 60 menit menjelang berbuka puasa atau setelah makan malam.

Baca juga: Imran Nahumarury Asisten Pelatih PSIS Semarang Ungkap Dampak Positif Hadirnya Piala Menpora

Baca juga: Bersifat Lentur dan Punya Kekuatan Tarik Mengagumkan, Bambu bisa Jadi Andalan Arsitektur Baru

"Olahraga 60 menit sebelum buka puasa, jadi pas buka cairan tubuh yang hilang dengan air bisa kita isi setelah berbuka, jadi tidak dehidrasi," ungkapnya.

Selain itu, ia menyarankan ketika berpuasa alangkah baiknya melakukan olahraga ringan apabila ingin dilakukan saat pagi hari.

"Olahraga pagi setelah sahur gapapa, tapi jangan terlalu berat, takutnya menyebabkan ngantuk atau dehidrasi," pungkasnya.

Jenis olahraga yang tepat dilakukan pagi hari saat berpuasa yakni olahraga ringan seperti latihan ketahanan, repetisi rendah, beban ringan, hingga banyak melakukan pemanasan. (Alivio Junio)

Editor: Agus Himawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved