Breaking News:

Berita Video

VIDEO Tuntut UMSK 2021, Ratusan Buruh di Kabupaten Bogor Kembali Turun Ke Jalan

“Kami meminta pernyataan tegas dari pemerintah Kabupaten Bogor untuk menolak UU Omnibus Law karena saat ini ada proses JR (Judicial Review) oleh SPSI

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Aliansi serikat buruh di Kabupaten Bogor melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Pemda Kabupaten Bogor pada Rabu (21/4/2021).

Pantauan Wartakotalive.com, aksi unjuk rasa ini diikuti oleh sekira 100 orang dari berbagai organisasi buruh.

Serikat pekerja yang bergabung dalam demo ini antara lain Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (KEP), Serikat Pekerja Logam dan Metal, dan Federasi Serikat Pekerja Aneka Sektor Indonesia (FSPASI).

Mujimin dari SP KEP mengatakan ada tiga tuntutan dalam demo ini yaitu menuntut UMSK (Upah Minimum Sektora Kabupaten) 2021, pembatalan UU Omnibus Law dan pemberian THR dari perusahaan.

“Kami meminta pernyataan tegas dari pemerintah Kabupaten Bogor untuk menolak UU Omnibus Law karena saat ini ada proses JR (Judicial Review) oleh SPSI di Mahkamah Konstitusi,” kata Mujimin di Cibinong, Rabu (21/4/2021).

Kedua, para buruh juga meminta kepada Dinas Tenaga Kerja dan Bupati Bogor untuk segera menetapkan UMSK 2021 karena saat ini tidak ada titik temu antara pekerja dan pengusaha.

“Kalau saat ini ada kebuntuan antara pekerja dan pengusaha, di mana titik buntunya dan apa solusi dari pemerintah,” paparnya.

Para buruh juga meminta perusahaan-perusahaan di Kabupaten Bogor untuk segera membayar THR karyawan karena hari raya Lebaran sudah dekat.

“Kami mendapat kabar bahwa beberapa perusahaan ingin membayar THR dengan cara dicicil. Kami menolak hal itu,” ungkap Mujimin.

“Apabila ada perusahaan yang membayar THR dengan cara dicicil, harus ditindak tegas,“ pintanya.

Aksi unjuk rasa ini berlangsung hingga pukul 12.00. Setelah itu, para buruh membubarkan diri.

“Kami kecewa karena tidak bisa ketemu Bupati Bogor Ade Yasin. Kami hanya ditemui Kadisnaker. Itu sudah biasa bagi kami,” pungkas Mujimin.

Penulis: Hironimus Rama
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved