Breaking News:

Berita Depok

Stok Darah Terus Menipis, PMI Kota Depok Imbau Masyarakat Agar Tetap Mendonorkan Darah Meski Puasa

Stok darah di Depok menipis sehingga PMI mengimbau warga agar tetap mendonorkan darahnya meski tengah berpuasa.

dok diskominfo
Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Depok Widya Astriyani 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok terus mengimbau agar masyarakat mendonorkan darah meski di bulan Ramadan.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Depok Widya Astriyani mengatakan, imbauan tersebut mengingat stok darah di Kota Belimbing itu kian hari kian menipis.

“Diharapkan warga bisa mendonorkan darahnya meski sedang puasa. Karena stok darah di PMI sangatlah terbatas. Sedangkan permintaan tinggi,” kata Widya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: PMI Kota Depok Gunakan Alat Khusus untuk Menyaring Plasma Konvalesen

Namun begitu, Widya menuturkan terdapat waktu tertentu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat serta bugar meski tengah menjalani ibadah puasa.

“Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama bulan Ramadan bisa di pagi hari atau di sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat,” paparnya.

Selama Ramadan ini, PMI Kota Depok tetap membuka pelayanan mulai pukul 08.00-20.00 WIB. Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya bisa dating pada jam tersebut ke Markas PMI Kota Depok Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City, Cilodong, Jawa Barat.

Baca juga: PMI Kota Depok Sebut Pendonor Darah Plasma Konvalesen Harus Berbobot 60 Kilogram

Widya berharap, masyarakat bisa meningkatkan kesadaran untuk membantu sesama dengan mendonorkan darah ke PMI Kota Depok.

Dikatakannya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa yang menyebutkan donor darah tidak membatalkan puasa.

“Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah. MUI juga sudah buat fatwa bahwa donor tidak membatalkan puasa. Seharusnya itu yang menjadi landasan untuk donor di bulan puasa. Hanya mungkin, waktunya saja yang diatur,” tuturnya.

Penulis: Vini Rizki Amelia
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved